21 Januari 2023

Review Buku "The Decision Book"

The Decision Book: 50 models for strategic thinking

Penulis: Mikael Krogerus dan Roman Tsch├Ąppeler


The Decision Book

The Decision Book adalah buku tentang berpikir strategis/strategik. Judulnya memuat angka, jadi kupikir bakal berupa listicle/sistematis/to the point/nggak bertele-tele.


Dan memang iya, buku ini sangat sistematis. Bahkan, saking to the point-nya sampai-sampai susah dipahami karena contoh dan penjelasannya itu minim atau bahkan tidak ada. 


Ini buku berat. Isinya berupa 50 model cara berpikir strategis. Dari kelimapuluh model itu, ada yang sudah kukenal seperti analisis SWOT, prinsip Pareto, dan teori 6 topi de Bono sampai dengan yang baru kuketahui seperti The Rumsfeld Matrix, The Hersey-Blanchard model, dll. Juga dari yang non digital, yang seperti intuitif, sampai dengan yang digital. Selain itu, di sini juga ada The Long-Tail model sebagai tandingan/kebalikan dari prinsip Pareto.


Secara penerapan juga meluas, bisa untuk hubungan pribadi, cara individu dalam memilih, hubungan kerja, pemilihan dalam kelompok, memilih pasangan hidup/jodoh, dll.


50 model strategic thinking ini dibagi menjadi 5 bahasan utama, yaitu:

How to improve yourself

How to understand yourself better

How to understand others better

How to improve others

Now it's your turn


Pada tiap model tersebut diberi ilustrasi/gambar sederhana sebagai penjelas tapi terlalu kecil, tidak diberi penjelasan, dan masih susah dipahami.


The Decision Book ini menurutku lebih cocok sebagai pengingat. Jadi, kalau kamu sudah tahu dan paham model-model cara berpikir strategis ini, buku ini akan menjadi semacam kamusmu, mengumpulkan model-model tadi dalam satu wadah yang akan mudah kamu akses/gunakan kembali saat kamu butuhkan. Tinggal baca buku ini. 

Nggak cocok buat beginner/pemula/nyubi/yang baru tahu/orang-orang yang tidak menempuh pendidikan formal tinggi.


Singkatnya, buku The Decision Book ini bagus dan menarik dan lebih cocok untuk pembaca level menengah atau tinggi, plus akan lebih baik kalau covernya diperbaiki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.