23 September 2022

Review Buku "A Million Bucks by 30"

 "A Million Bucks by 30," how to overcome a crap job, stingy parents, and a useless degree to become a millionaire before (or after) turning thirty

Penulis: Alan Corey


Buku "A Million Bucks by 30" ini adalah buku biografi sekaligus inspirasi, motivasi, dan pengembangan diri. Isinya tentang proses perjuangan Alan Corey yang selepas kuliah itu ngerasa nggak jelas banget (hidupnya sangat berantakan dan tak tentu arah) hingga menjadi miliuner di usia 30 tahunan.


Itu perubahan yang fantastis, bukan? Berbekal goal-nya untuk menjadi milyuner di usia 30 tahun dia menerapkan pola hidup gratisan dan sehemat mungkin sambil tetep rajin mencari uang. Masalah pekerjaan, tempat tinggal, asmara, hiburan, sampai masalah kehidupan apa pun diatasi sama dia dengan kreatif dan strategik, dan kadang kurang baik (melakukan perbuatan buruk, walau sepertinya jarang banget). 


Membaca buku ini selain membuatku malu karena nggak sehemat dan sekeras dia, itu mengingatkanku akan buku (kalau nggak salah) The Millionaire Next Door dan perjuangan-perjuangan miliuner yang tidak berasal dari turunan/bukan warisan (kerja keras dulu). Mulai dari rajin ngumpulin kupon sampai lainnya. Hal itu mengingatkanku juga tentang cowok-cowok Indonesia yang bagiku banyak yang lemah dan suka banyak alasan trus suka nyalah-nyalahin cewek, mertua, ribet tentang siapa yang harus bayar kencan, sampai lainnya. Mereka, cowok-cowok itulah, yang sangat kuanjurkan baca buku ini, biar niru tentang mindsetnya, mentalnya, perjuangannya, strategik/kreatifnya, kegigihannya, dan lain-lain. 


Penulis menjabarkan semua proses penting hidupnya beserta tips-tips hidup se-gratisan mungkin seperti dia dan tetep bisa dapet sesuatu yang bagus, menghibur diri, punya pacar, dan lain-lain. 


Rasanya setiap dia ulang tahun itu hidupnya selalu semakin membaik secara signifikan. Merinding bacanya. 


Jadi, dengan kehidupan seketat dan sekeras dia, dia melejit jauh di depan teman-temannya dan akhirnya berhasil mencapai targetnya menjadi miliuner dan mulai menikmati hidup yang ringan dan enak.


Tapi, buku "A Million Bucks by 30" ini juga ada minusnya. Masih ada utang-utangnya dan memburu hal yang klise untuk menjadi miliuner yaitu bidang real estate dan saham. Dia sangat ambisius, risk taker banget, terencana, tapi tetep bisa kubilang nekat banget juga. Selain itu, nggak semua orang juga paham atau suka bidang real estate dan saham. Jadi, yang kusarankan sebagian dari buku ini aja.


Buku ini kurekomendasikan tetapi dengan beberapa catatan di atas untuk diperhatikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.