21 September 2022

Review Buku "Finding Your Perfect Match"

"Finding Your Perfect Match," 8 Keys to Finding Lasting Love through True Compatibility

Penulis: Pepper Schwartz

Finding your perfect match


"Finding Your Perfect Match" adalah buku tentang mencari pasangan yang cocok, terutama berdasarkan fitur duet Total Compatibility System yang digunakan oleh lebih dari 3 juta orang. Masih berhubungan dengan dating site Perfectmatch.com karena penulisnya, Pepper Schwartz adalah relationship advisor di sana.


Jadi, bisa dimaklumi ya kalau judul buku ini dan nama situs kencan online tersebut masih berhubungan. Meskipun, kata "perfect" ini berat banget dan tentunya perfect yang sebenarnya itu nggak ada. Tapi, judul dan sub judul ini marketable dan ramah mesin pencari.


Metode yang digunakan dalam pencarian jodoh di sini menggunakan duet Total Compatibility System, yaitu mencocokkan kamu dan calonmu berdasarkan 8 faktor utama. Pada 4 faktor penulis menganjurkan kamu nyari yang setara/sama, pada 4 faktor sisanya kamu lebih baik nyari yang berkebalikan, tetapi tidak ekstrim. Untuk mengetahui kamu termasuk yang mana dalam pengelompokan faktor tadi, kamu disuruh menjawab 7 soal dulu pada setiap awal bahasan dari 8 faktor tadi. Setelah itu, tiap pertanyaan/soal tadi diuraikan oleh penulis, berikut pembahasannya kalau kepribadianmu sama, beda, atau beda sangat ekstrim beserta masalah-masalah yang mungkin terjadi atau kompromi yang mungkin bisa dilakukan, kalau memungkinkan. Gitu terus sampai 8 faktor tadi dibahas semua. Jadi, ada 56 pertanyaan untuk kedelapan faktor ini.


Nah, seperti buku-buku relationship pada umumnya, pembahasan tentang kriteria jodoh itu tak pernah sederhana. Kalau kamu ngira kita cuma memfokuskan pada 8 faktor tadi, kamu salah. Buntutnya masih panjang di bagian belakang, yaitu isu-isu tentang cinta dan gaya hidup. Cuma 5 poin sih, tapi kalau dipraktekkan untuk nyari calon beneran ya lebih dari 5 plus nyari orang yang memenuhi 13 faktor ini aja uda menantang banget pastinya. Tidak mudah. Meski gitu, menurutku ini termasuk salah satu buku relationship ter-simple dibanding lainnya. 


Pada bagian terakhir atau bab 4 ditutup dengan bagaimana cara kamu mencari Perfect Match-mu tadi berdasarkan isi buku ini dan bagaimana mempertahankan hubungan kalian nantinya.


Secara umum bagus sih, tapi kuberi warning pada bagian romantic impulsivity. Ini sangat rawan/berpotensi menimbulkan bahaya besar karena apa yang dipandang penulis hanya sebatas perbedaan impulsivitas romansa, bisa jadi adalah narsis atau narsis trait (narcissist trait) yang sedang melakukan love bombing. Dan narsis ini sangat berbahaya dan akan membuatmu sangat menderita jika berhubungan dengan mereka. Semua narsis pendekatannya diawali dengan love bombing, jadi aku beri peringatan keras padamu untuk sangat berhati-hati dalam masalah ini. 


Kesimpulannya, buku "Finding Your Perfect Match" ini bagus tetapi mengandung peringatan keras seperti di atas.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.