01 Agustus 2022

Review Buku "How to Choose a Partner"

"How to Choose a Partner"

Penulis: Susan Quilliam


"How to Choose a Partner" ini adalah buku 100-an halaman tentang cara memilih pasangan hidup. Tulisannya itu kalem, tapi isinya berat. Dia berupa kumpulan hasil-hasil riset dari ahli lain. Meski gitu, cara menulisnya itu termasuk luwes, sudah lumayan populer, udah nggak ala karya ilmiah.


Bagian awal itu mbosenin, semacam sejarah atau perbandingan dengan pencarian jodoh di masa lalu. Kemudian semakin ke dalam penulis mulai membahas tentang teori-teori jodoh yang kemudian dikerucutkan menjadi pengambilan kesimpulan oleh penulis. Jadi, mulai dari bagaimana ketertarikan terjadi, apa faktor pendukung hubungan jangka panjang, mungkin nggak sih kita itu jatuh cinta instan dan langsung menikah kilat dan tetep langgeng hubungannya, bagaimana cara meningkatkan peluangmu untuk mendapat jodoh dari dunia nyata maupun dari online, bagaimana jika cinta bertepuk sebelah tangan, bagaimana sebaiknya jika ada orang yang ngejar-ngejar kamu, dll itu ada.


Bagus dan lumayan cepat/straight ga terlalu bertele-tele karena halamannya sedikit. Tapi bagiku ini masih lumayan berat. Kemarin sebenarnya aku nyari buku yang ringan  karena otakku masih capek. Kupikir ini ringan cz cuma bahas jodoh tapi pas aku baca masih nggak lancar jaya entah cz layoutnya doang yang ga enak, paragrafnya yang lempeng dan terlalu panjang, isinya yang ilmiah banget, kurang terstruktur dengan baik (kurang ada kesatuan atau koherensi), atau cara menulisnya. Atau cz akunya yang lagi capek? Ga tau, yang jelas belum terasa ringan di otakku dan belum lancar jaya. Beda sama buku yang saat ini sedang kubaca, lancar jaya. Oh mungkin masalah kompleksitas kalimat juga kali ya, kalo versi bahasa penulis lain itu banyak "bulshit"-nya. Kurang sederhana dan clarity jadi berat dan ga lancar jaya bacanya bagiku.


Secara isi, aku merekomendasikan buku ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.