30 Juli 2022

Review Buku "Start Your Own Coaching Business"

"Start Your Own Coaching Business," quick guide to starting a profitable coaching business

Penulis: Alex Damale


Bisnis coaching merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan, kalau kamu berhasil menjalaninya. Sebagaimana pekerjaan/bisnis apapun, pasti ada orang yang berhasil dan ada yang tidak. Bisnis coaching pun begitu, ada coach yang gagal dan ada yang tidak bisa berpenghasilan menjanjikan.


Buku "Start Your Own Coaching Business" ini ditulis oleh Alex Damale karena hal itu. Dia ingin membantu calon coach agar bisa menjadi coach yang sukses dan berpenghasilan fantastis. Pertama adalah dengan memiliki mindset yang benar dan memenuhi modal-modal internal yang dibutuhkan. Selain itu, dia juga mengajarkan mengenai alat-alat/sarana-sarana yang dibutuhkan dan bentuk-bentuk promosinya, etika atau aturan tidak tertulis saat menghadapi klien, cara menangani beberapa masalah dengan klien, dll.


Penulis cukup terbuka menjelaskan beberapa suka duka menjadi coach. Penulis juga memberikan referensi-referensi, misalnya kamu pakai hosting "ini", nanti dilengkapi dengan "ini" kamu tinggal lihat contohnya di "sini", trus baca panduannya di "sini". Gitu-gitu. Ditunjukkan sekilas alternatif atau variasinya. Tapi ya gitu, cuma sambil lalu, bahkan terkesan nggak niat atau nggak bener-bener pengen memandu calon coach tersebut dengan detail. Alasannya karena ini bukan buku tutorial. Kamu yang gaptek harus aktif nyari sendiri tutorial lengkapnya di internet.


Penulis menjamin kalau semua sarannya dijalankan kamu akan berhasil menjadi coach yang laris dan berpendapatan sangat besar. Cuma, kalau semua sarannya dijalankan, biayanya juga besar. Karena segalanya itu dibuat sebaik mungkin agar tampak profesional dan layak dengan harga mahal.


Jadi, boleh-boleh aja kamu baca buku "Start Your Own Coaching Business" ini, tapi akan susah kalau kamu gaptek. Masih kerja lagi untuk nyari sumber-sumber lainnya. Lagipula, ini bahannya masih sangat kurang. Tergantung dengan tipe bisnis coaching yang mau kamu buka, tapi secara umum kalau modalmu cuma baca buku ini, belum siap/belum mantap untuk buka jasa tersebut. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.