23 Juli 2022

Review Buku "Poor Charlie's Almanack"

Poor Charlie's Almanack

Penulis: Charles T. Munger


Poor Charlie's Almanack adalah buku tentang Charlie Munger, partner kerja sekaligus sahabat dari Warren Buffet.


Akhirnya aku baca juga buku ini. Ini tuebel banget. Aku kemarin agak terintimidasi dengan jumlah halamannya yang 500-an, jadi aku baca "The Almanack of Naval Ravikant" dulu. Meski sama-sama memuat kata Almanack, keduanya beda banget. Bukunya Naval Ravikant itu tentang kumpulan twitnya Naval yang berisi nasehat bisnis dan kehidupan pada umumnya. Selain lebih padat dan to the point, punya Naval hanya bahas biografi sambil lalu. Pelengkap aja. Wong jumlah halamannya juga gak sebanyak bukunya Charlie. 


Kalau almanaknya Charlie Munger ini bukunya lux banget, full color, dalemnya didesain kayak majalah. Layout tulisannya kayak majalah, foto dan gambarnya juga banyak dan gede-gede. Isinya full tentang Charlie: sifat dan kepribadiannya, kebiasaannya, pandangan orang-orang tentang dia, sejarah hidupnya, pelajaran hidup, pembelajaran, cara mengambil keputusan, dll. Ini lebih ke sosok Charlie-nya, kalau bukunya Naval dia lebih ke pelajaran hidupnya (langsung masuk ke tipsnya). 


Charlie itu blak-blakan orangnya dan sangat disiplin. Di buku ini dia banyak mengkritik berbagai pihak dan juga memaparkan tentang kesulitan-kesulitan orang kelas atas, salah satunya adalah bosen dimintai sumbangan terus. Dianggap wajib oleh orang lain untuk memberi sumbangan. 


Singkatnya, buku Charlie itu ingin memotret sosok Charlie secara keseluruhan lalu kamu bisa meneladani hal-hal baik dari dia agar kamu bisa sukses juga. Buku ini bagus banget buat bikin mata orang-orang yang kelasnya di bawahnya (dan cuma bisa ngiri, ngeluh, atau minta sumbangan) agar lebih terbuka. Charlie itu keras banget usahanya. Adapun beberapa masalah lain, ada yang mungkin sama aja sih dengan masalah orang pada umumnya, tapi Charlie fokus ke solusi dan hal-hal yang bisa dia kontrol aja. Nggak fokus ribut/ngerusuh kayak orang-orang pada umumnya yang levelnya di bawahnya.


Secara tampilan sebenarnya sudah didesain untuk enak dibaca, pendek-pendek bahasannya, tapi tulisannya kuecil-kecil, trus ya aku lebih suka yang kayak Naval Ravikant sih, yang langsung masuk ke tipsnya dan jumlah halamannya lebih sedikit. Lagian, buku Charlie ini lebih berat bahasa dan bahasannya bagiku. Tapi buku Charlie ini detail menggambarkan cara Charlie begini begitu, menyikapi ini dan itu. Yah tergantung kebutuhan dan selera kamu kali ya. Tapi jujur aku susah payah banget kalo harus baca atau nuntasin 500-an halaman, walaupun udah diselingi dengan layout yang baik dan gambar yang banyak dan gede-gede, serta walaupun aku ngerasa Warren Buffet, Charlie Munger, dan Naval Ravikant itu seperti punya beberapa bagian yang mirip aku. Maksudku, orang kan macem-macem, kalo role modelnya uda mirip kita, peluang untuk cocok metodenya dan berhasil itu kan lebih tinggi. Beda sama yang sifat atau kepribadian dasarnya memang jauh banget. Aku mikirnya gitu.


Buku ini bagus tapi bukan pilihan/seleraku. Dan kalo kamu minat dengan buku ini lebih baik nyari buku fisik/buku cetaknya aja. Mungkin akan lebih nyaman dibaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.