04 Juli 2022

Review Buku "Narcissistic Mothers"

"Narcissistic Mothers," how to handle a narcissistic parent and recover from CPTSD

Penulis: Caroline Foster


Di antara buku tentang narsis, buku "Narcissistic Mothers" ini spesifik membahas tentang ortu yang narsis, tepatnya ibu yang narsis. CPTSD adalah salah satu efeknya. Jadi, judulnya dijadiin sepaket, bahas narsis dan CPTSD.


Dari warna covernya, buku ini aneh ya, pake warna kuning yang biasa mengindikasikan keceriaan atau kebahagiaan. Tapi, gambarnya menyolok banget tentang ibu yang nyakitin anaknya.


Isi buku ini lebih ke teori. Teorinya lumayan detail. Pemahamannya bagus. Tapi, untuk solusi masih mengawang-awang. Ngglambyar istilahnya. 


Yang kusuka dari buku ini, penulis 99% pro korban/survivornya. Lumayan aman untuk feel mu dan kalo di buku lain masih banyak yang nyalah-nyalahin korban or punya kecenderungan besar untuk menuduh korban akan/pasti jadi narsis berikutnya, buku ini nggak. Cuma 1%. 


Ada 2 hal yang unik sih tapi satunya aku lupa. Di sini, neglect itu juga digolongkan sebagai abuse. Kapan hari aku pernah nonton ahli lain di IG tidak menggolongkan neglect sebagai abuse. 


Ya, intinya penulis pemahamannya bagus tapi kalau kamu nyari solusi dari buku ini kayaknya nggak dapet deh. Istilahnya kayak "Ah gitu doang." Lebih baik nyari solusi dari buku lain yang lebih spesifik dalam menjelaskan hal itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.