12 Juli 2022

Review Buku "Dating a Narcissist : the Brutal Truth You Don't Want to Hear"

"Dating a Narcissist : the Brutal Truth You Don't Want to Hear," how to spot a narcissist on the very first date and set boundaries to become psychopath free

Penulis: Theresa J. Covert


Buku "Dating a Narcissist : the Brutal Truth You Don't Want to Hear" ini covernya kuning, antimainstream karena biasanya kuning itu warna yang ceria.


Sebelum bahas isinya, perhatikan judul dan sub judulnya. Seperti yang pernah kubilang, sebagian ahli itu nggak ngurus beda antara narsis, psikopat, sosiopat, APD, dan BPD. Mereka tumpang tindih dan kadang didapati dalam bentuk combo (1 orang mengidap lebih dari 1 sekaligus). Kebanyakan sih penulis nggak mentingin bedanya saat ngajar orang awam. Mereka lebih menyeragamkan jadi satu frase "orang toksik" gitu aja. Penulis ini ternyata termasuk yang menyamakan antara narsis dan psikopat atau mungkin maksudnya keduanya itu cara pendekatannya sama dalam asmara.


Ada banyak buku tentang narsis, tapi buku ini punya kelebihan karena temanya yang sangat spesifik. Penulis hanya membahas tentang narsis saat PDKT dan saat jadi pacarmu, serta caramu memulihkan diri kalau terlanjur terjebak dengan mereka. Selain temanya yang spesifik, daya tarik lain dari buku ini adalah frase "brutal truth"-nya dan warna kuningnya yang menyolok. Ngejreng banget.


Secara isi, terdapat beberapa tambahan yang tidak kudapati dari buku narsis lainnya. Tapi, buku ini menurutku lebih ke tips praktis untuk mengenali narsis saat PDKT, kencan (awal ngedate), atau pacaran. Ada buku yang lebih detail baik tentang pengenalan narsisnya, macam-macam mind games atau manipulasinya, ataupun mengenai cara mengkonfrontasi langsung narsisnya. Mungkin sengaja dibuat gitu karena penulis ini bikin buku berseri. Buku ini hanya salah satu bukunya yang membahas tentang narsis. Selain untuk lebih menyederhanakan ya mungkin biar dibeli semua gitu bukunya.

Untuk ukuran buku setebal 100-an halaman sih buku "Dating a Narcissist" ini sudah bagus.


Btw, setelah aku mendalami narsis cukup lama, aku mulai berpikir, salah satu hal paling berbahaya dari narsis adalah mind games (manipulasinya), makanya di berbagai buku yang bahas narsis sangat menekankan tentang hal itu.


So, buat kamu, terutama yang pemula or nggak tahu banget tentang narsis dan butuh tips praktis untuk cari jodoh yang aman, kamu bisa baca buku ini.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.