18 Juli 2022

Review Buku "Danger: 50 Things You should Not Do with a Narcissist"

"Danger: 50 Things You should Not Do with a Narcissist"

Penulis: H.G. Tudor


"Danger: 50 Things You should Not Do with a Narcissist" ini adalah buku yang menarik karena ditulis oleh narsis psikopat. Dia menulis berdasarkan dirinya sendiri dan risetnya atas sesama narsis seperti dia.


Oleh karena itu, ini sangat detail berisi sekalian tentang contoh-contoh perilakunya dan motif-motifnya, tapi lebih ke narsis sebagai pasangan (dalam hal asmara). Kamu akan tahu betapa danger-nya narsis ini dan betapa kamu akan merasa sendirian karena ga ada yang memahami (orang lain termakan taktik dia/terlalu berprasangka baik), termasuk orang-orang religius sekalipun nggak akan ada di pihakmu.


H.G. Tudor ini membuat paket buku tentang narsis dan buku ini hanya salah satunya. Dia juga punya youtube yang isinya juga menginformasikan tentang narsis, cuma menurutku suara dia di sana gak jelas jadi aku lebih suka baca bukunya.


Buku ini sangat worth it dan kupikir aku perlu membaca seluruh paket bukunya. Kamu juga sangat kuanjurkan.


Akan tetapi, semakin aku belajar ttg narsis, psikopat, dan orang2 abusive aku semakin mempertanyakan tentang agamaku dan orang-orang religius di dalamnya. Sebenarnya sih, itu sudah selaras dengan apa yang kurasakan sejak dulu. Ustaz-ustaz (dan petinggi agama yg bernama lain) kok gini sih, dan semacamnya. Itu menyebabkan kebingungan di pikiranku. Secara perilaku aku yakin itu abuse dan selaras juga dengan buku-buku abuse dan narsis yang kupelajari, tapi kok (petinggi agama)?


Dan itu membuatku ngeri, jika menikah dengan suami religius pada akhirnya sama/menempatkanku pada keluarga yang abusive (aku mengalami abuse). Tentu saja itu berkebalikan dengan harapanku.


Tapi itu sungguh mirip. Apalagi, kalau kamu baca buku ini. Dari pdkt yang (dikatain sat set sat set / terburu-buru/taaruf), perilaku pria/suami terhadap wanita/istrinya, dll. Semua itu membuatku sempit dada dan merasa sial banget jadi wanita. Adakah pola keluarga lain di agamaku yang benar-benar indah seperti bayanganku? Ga masalah dianggap ga solehah toh memang banyak dari mereka yang kuanggap abuser/ga sehat, uda biasa lah itu bagian dari verbal abuse mereka.


Pada akhirnya, aku gak menghasut/memprovokasi/semacamnya, itu tentang pandanganku sendiri terhadap isi buku "Danger: 50 Things You should Not Do with a Narcissist" ini dan kekecewaan serta kegalauanku pada agamaku dan beberapa petinggi agama di dalamnya (dan pengikutnya tentunya).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.