04 Juni 2022

Review Buku "You Don't Owe Anyone"

"You Don't Owe Anyone," free yourself from the weight of expectations

Penulis: Caroline Garnet McGraw


Pertama baca judul buku "You Don't Owe Anyone" ini, ia langsung menyedot perhatianku. Abisnya, judulnya unik sih. Beda sendiri gitu. Menyolok di antara yang lain. Antimainstream.


Dan memang ada kondisi saat orang itu merasa berutang pada orang lain atau orang lain yang seolah memaksa kita untuk seperti itu, berutang padanya. 


Kalau mau jujur, apa sih salah satu hal terberat sekaligus perusak kebahagiaan? Jawabannya ekspektasi. Beberapa kali aku nemu di buku-buku relationship rumah tangga hancur atau memburuk gara-gara ekspektasi yang tidak kesampaian. Dalam hal lain pun sama aja kurasa.


Buku "You Don't Owe Anyone" ini berusaha membebaskan kita dari beratnya ekspektasi. Isinya sih seputar boundaries, self care, self compassion, dan semacamnya pada berbagai kondisi yang membuat kita merasa berutang.


Di sela-sela bahasannya, tanpa sungkan penulis menyisipkan pengalaman-pengalaman pribadinya.


Dan yang paling keren dari buku ini adalah ia warm/hangat, empatik, dan sangat safe (aman). Bahasanya itu sangat ramah, pengertian, dan nyaman. Maybe aku bisa merekomendasikan dia sebagai salah satu terapis yang patut kamu coba. 


I know banyak buku yang memuat pengalaman pribadi penulisnya juga, tapi itu nggak bikin tulisannya itu otomatis empatik, halus, dan hangat. Yang kasar atau setengah kasar juga banyak. 


Jadi, coba deh kamu baca buku "You Don't Owe Anyone" ini. Selain merasa relate dan dimengerti, kamu mungkin akan dapat solusi dari masalahmu juga. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.