11 Juni 2022

Review Buku "Feeling Good, the New Mood Therapy"

"Feeling Good, the New Mood Therapy" : the clinically proven drug-free treatment for depression

Penulis: David D. Burns, M.D.


"Feeling Good, the New Mood Therapy" ini adalah buku tentang cara berbahagia/berperasaan baik, yang ternyata dihubungkan dengan depresi. Jadi, beda dia dengan buku happy lainnya adalah dia ini psikologi banget/terapi banget, bukan dalam bentuk yang lebih bebas atau lebih populer.


Sebenarnya dia lumayan padat, banyak terapi atau metode yang bisa kamu coba di dalamnya, tapi ini bahasanya formal dan terlebih lagi tulisannya itu kuecil-kuecil dan lempeng/lurus banget, nggak enak layoutnya. Nggak enak dilihat dan dibaca. 


Soal isi, padat berisi dengan jumlah halaman lumayan tebal dan tulisan kuecil-kuecil. Jadi padat banget aslinya. Kalau secara metode sendiri sih ada yang baru dan ada yang sudah biasa di buku-buku lain. Banyak juga yang seperti jurnaling/bikin tabel-tabel, bikin-bikin alasan atau jawab-jawab pertanyaan yah memang kayak terapis banget gitu. Kayak panduan saat kamu terapi atau bisa juga untuk buku pegangan buat para terapis. Dia memuat cara mengatasi penunda-nundaan, sabotase diri, kritik yang mengganggu, dll.


Nggak semua isinya aku setuju sih dan aku lebih prefer ke buku lain (yang aku lupa judulnya), tapi karena terapi di buku ini juga banyak banget mungkin kamu bisa milih atau nyoba satu atau beberapa di antaranya, barangkali ada yang cocok buat kamu.


Kalau aku pribadi sih, misal lagi nggak feeling good, baca buku ini yang nggak enak dilihat dan dibaca itu ya berat juga. Butuh usaha lebih yang mungkin bisa bikin tambah betmut. Tapi kalau kepepet ya mungkin tetep dibaca atau nyari buku yang formatnya lebih enak (misalnya buku kemarin yang aku lupa judulnya itu). Nggak kesuwen gitu lho nyari bagian yang kita butuhkan/bisa bantu kita.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.