13 Mei 2022

Review Buku "The Nice Girl Syndrome"

"The Nice Girl Syndrome," stop being manipulated

Penulis: Beverly Engel


Nice Girl. Sampai sekarang pun budaya untuk menjadi nice girl masih terus disosialisasikan dan terus ada. Ditambah dengan latar belakang kita di keluarga yang mungkin diasuh dengan cara tidak layak, membuat nice girl ini masih banyak saja sampai saat ini.


Itu belum seberapa, masih banyak belief-belief kita yang salah yang menyebabkan kita untuk terus menyuburkan atau bahkan bangga menjadi nice girl bahkan mungkin untuk selamanya.


Dulu aku termasuk orang yang menganggap nggak penting adanya mindset atau bahasan belief di dalam buku. Terasa teoritis, nggak praktis, atau cuma untuk menuh-menuhin halaman. Kenapa sih banyak buku bahas gituan? Apalagi kadang udah ganti tema buku tapi masih juga ketemu mindset lagi mindset lagi, belief lagi belief lagi. Lambat laun aku unlearning keyakinan tersebut. Mindset dan belief memang penting, bahkan hanya dengan mengubahnya kadang orang bisa mengubah habit-nya atau berubah menjadi orang yang baru seketika.


Jadi, "The Nice Girl Syndrome" ini isinya lebih menitikberatkan pada merusak belief lamamu yang nggak bermanfaat/buruk bagi hidupmu. Ada banyak belief di sini dan ada latihannya juga untuk kamu praktekkan dalam unlearning belief tersebut, lalu kamu diajarkan untuk membangun belief baru yang akan menguatkan/empowering kamu.


Kalau kamu berada dalam fase seperti aku yang dulu, pasti kamu akan menganggap "Nih buku apaan sih. Isinya kok gitu doang." Tapi kalau kamu termasuk yang sudah lewat dari fase tersebut atau sudah memahami pentingnya belief ya mungkin akan setuju kalau buku ini bagus dan bermanfaat.


Isinya lebih ke refleksi diri sih karena kalau kamu sudah lama berada dalam hubungan yang disfungsi/abusive, kemungkinan besar kamu yang ori sudah terhapus. Kamu nggak tahu siapa dirimu yang sebenarnya.


Dan kenapa buku-buku gini ada? Menurutku ya karena nggak semua orang itu lemah, penakut, nggak tau cara asertif, atau nggak tau cara melindungi dirinya sendiri. Kadang ada juga orang yang aslinya asertif, pemberani, kuat, dan tahu cara "menyerang balik" sehingga dia nggak perlu panduan yang terlalu detail tentang langkah-langkahnya. Dia hanya butuh "pembuka pikiran"/"pembuka kesadaran" dan sisanya akan dia bereskan sendiri.


 Nah, buku "The Nice Girl Syndrome" ini sangat bagus untuk orang-orang jenis itu. Sementara untuk jenis yang lain, buku ini lebih berfungsi sebagai pembuka/langkah awal saja. Memperbaiki internalmu dulu (diri sendiri) baru kemudian memperbaiki eksternalmu, dan cara memperbaiki eksternalmu ini bisa kamu dapatkan dari buku lain atau sumber yang lain. Ada sih di buku ini tetapi kurang mendalam. Ada buku lain yang lebih ditujukan untuk menyusun kata-kata atau mengambil aksi yang tepat dalam mengatasi manipulasi atau orang-orang yang sulit/beracun (toxic people).


Buku ini bagus banget dan wajib dibaca oleh semua wanita. Very recommended. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.