01 Mei 2022

Review Buku "Habits of a Happy Brain"

"Habits of a Happy Brain," retrain your brain to boost your serotonin, dopamine, oxytocin & endorphin levels

Penulis: Loreta Graziano Breuning


Masih dengan habit-habitan ya. Tapi kujamin kamu nggak akan bosan soalnya yang ini beda. Kali ini aku mo bahas habit yang berhubungan dengan happy brain. 


"Habits of a Happy Brain" ini adalah buku tentang hormon-hormon kebahagiaan. Dia punya keunikan sendiri dibanding buku "habit" dan buku "happy" lainnya. Dia menggabungkan pengaruh antara kebiasaan dengan hormon-hormon kebahagiaan. 


Ada 4 hormon yang berpengaruh kuat terhadap kebahagiaan kita, yaitu dopamin, serotonin, oksitosin, dan endorfin. Tetapi sayangnya hormon-hormon di atas tadi juga punya sisi-sisi negatif. 


Pada buku "Habits of a Happy Brain" ini penulis menjelaskan cara kerja otomatis otak kita lalu menjelaskan tentang hormon-hormon kebahagiaan tadi (bagaimana hormon itu muncul, apa pengaruh positif dan negatifnya, apa yang menyebabkan hormon itu kadang berpengaruh positif dan kadang berpengaruh negatif), bagaimana cara kita melatih diri untuk memunculkan hormon-hormon tadi dan mendapat efek positifnya, apa resistensi (alasan-alasan) yang biasa kita buat yang bisa menggagalkan latihan ini dan bagaimana cara mengatasinya, dll.


Isinya bagus, enak dibaca, runut, dan penjelasan tentang hormon-hormonnya itu sangat sederhana dan mudah dicerna. Sudah kayak bahasa umum, bahasa populer, atau bahasa orang awam gitu lah ya, sudah nggak kayak bahasa ilmiah lagi. Enak dibuat belajar biologi, belajar hormon, atau ilmu-ilmu yang masih berhubungan dengan itu. Bahasanya udah merakyat banget. Udah gitu covernya juga pas banget, membawa aura hepi juga, warnanya  cerah dan enak dilihatnya dan tulisannya enak dibaca. Terasa pas aja komposisinya dan nyatu banget dengan judul dan isi bukunya. Keren banget pokoknya.


Ada banyak hal menarik dalam buku ini yang ingin kucoba. Kamu juga bisa ikut kalau mau. 


Intinya, buku ini bertujuan untuk bikin kamu bahagia dengan latihan untuk memproduksi hormon-hormon kebahagiaan tadi dan menyetop aktivitas-aktivitas atau pikiran-pikiran otomatis atau yang tidak bermanfaat/tidak produktif atau yang mengganggu kesuksesan latihan tadi.


So, kesimpulannya buku "Habits of a Happy Brain" ini buagus. Highly recommended.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.