12 Mei 2022

Review Buku "Can Music Make You Sick? Music and Depression"

"Can Music Make You Sick? Music and Depression," a study into the incidence of musicians mental health

Penulis: Sally Anne Gross & Dr. George Mushrave


Sebenarnya aku nggak yakin tulisan ini bentuknya apa. Sepertinya sih bukan buku tapi karya ilmiah, survei, atau laporan.


Aku tertarik karena judulnya yang sensasional. Hari gini kan jarang banget gitu lho orang yang nggak suka atau setidaknya nggak terpapar musik. 


Dan ternyata isinya tentang hubungan antara musik dengan kesehatan mental, pemusik dengan kesehatan fisik dan mental, penyebab mayoritas musisi profesional mengalami gangguan mental, berbagai kesulitan yang dialami oleh pemusik, serta kisah-kisah dari para musisi itu sendiri.


Kalau ngomongin musisi, yah agak sebelas duabelas dengan penulis. Masih terhitung sama-sama seniman dan memiliki beberapa ATHG (ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan) serupa. Oleh karena itu, membaca buku ini membuatku melakukan beberapa refleksi diri.


Tentunya buku ini penting banget digunakan sebagai tambahan wawasan bagi mereka yang ngebet banget jadi musisi terkenal/profesional. Jadi setelah baca buku ini mereka bisa bertanya kembali kepada hatinya; apakah sudah mantap, sudah melakukan persiapan-persiapan dengan lebih baik, dan semacamnya. Karena menjadi musisi bukan sekadar tentang ikut-ikutan teman, hidup glamor, populer, terkenal, tampak keren, atau digilai banyak wanita. Bukan juga sekadar pelarian karena kamu nggak jago matematika atau malas sekolah. 


Menjadi musisi adalah sebuah pilihan hidup yang membawa konsekuensi tersendiri. Pastikan kamu sudah tahu itu dan sanggup menanggung/menjalaninya.