04 Mei 2022

Review Buku "The Acorn Principle Know Yourself-Grow Yourself"

"The Acorn Principle Know Yourself-Grow Yourself," nurture your nature find out how rich, fully and rewarding your life can be.

Penulis: Jim Cathcart dan Denis E. Waitley


Buku "The Acorn Principle" ini merupakan buku untuk mengenali diri sendiri dan orang lain. Dia memberikan perspektif baru bagiku. 


Prinsip-prinsipnya termasuk sederhana dibanding MBTI yang terdiri dari 16 tipe kepribadian atau bahkan eneagram yang nggak bisa kuingat sama sekali bedanya. Lumayan sederhana seperti pembagian kepribadian berdasarkan sanguinis, melankolis, koleris, dan plegmatis (atau versi serupa: petualang, pembangun, pengendali, dan negosiator - dan ternyata di buku ini juga ada tapi beda istilah aja), walau di dalam penerapannya ada beberapa yang mirip, tumpang tindih, atau memang sepaket (bisa ada bersamaan). Tapi tetep aja ya, saat ngisi tes di dalamnya aku butuh merenung dan mengingat-ingat peristiwa-peristiwa dan tindakan-tindakan/pilihan-pilihan hidupku, mana pilihan yang lebih tepat menggambarkan diriku.


Soal value/nilai dalam prinsip Acorn ini sebenarnya pernah jelas kualami dalami dalam hidupku, walaupun aku belum kenal yang namanya prinsip Acorn ini. Misalnya di sekolah tempatku mengajar dulu itu beda value banget denganku. Value utamaku adalah komitmen dan mungkin knowledge (ilmu pengetahuan), sedangkan value utama sekolahku salah satunya adalah estetika (seni). Di aku, seni mungkin termasuk di antara 3 value terendahku. Jadi ada beda value yang ekstrim di sana. Tempat itu lebih ramah untuk mereka yang sisi artistiknya tinggi.


Nah, kembali pada isi buku, ada beberapa parameter yang digunakan di dalam The Acorn Principle ini, yang masing-masingnya akan membuatmu lebih mengenal dirimu dan orang lain. Parameter-parameter tersebut misalnya tentang nilai-nilai utamamu, kecepatanmu, kecerdasanmu, cara berpikirmu, dll. Semua ini sangat menarik.


Isi buku ini benar-benar baru bagiku dan aku sangat nggak sabar untuk mengenali diriku lebih jauh. Karena aku sudah sering membaca/belajar macam-macam teori dan ikut/mencoba berbagai tes psikologi tetapi tidak terlalu mendapat hasilnya (nggak work) dan tak jarang terasa aneh karena kadang tidak sinkron antara hasil tes yang satu dengan tes yang lainnya. 


Sepintas sepertinya isi buku ini memotret sesuatu yang lebih mendasar daripada semua tes/teori lain yang pernah kupelajari. Aku percaya bahwa kepribadian dan kemampuan seseorang itu bisa berubah. Jadi, tidak menutup pada satu hasil/nama kepribadian saja. Dia bisa berpindah/berubah ke kepribadian lain seiring dengan pelajaran/pengalaman hidupnya. Dan di antara dasar-dasar yang dipakai oleh berbagai ahli tadi, sepertinya The Acorn Principle inilah yang lebih sulit berubah, walaupun masih bisa berubah dan cara pertumbuhannya itu diajarkan pula di dalam buku ini, baik menguatkan apa yang memang sudah jadi kekuatanmu atau memperbaiki bagian-bagian yang masih kurang/lemah darimu.


Jadi, aku sangat merekomendasikan buku ini. Kamu perlu nyari dan baca prinsip-prinsip Acorn ini juga. Karena isinya itu beda banget dari yang lain (dari kebanyakan teori lain yang beredar) dan mungkin akan bisa bantu aku dan kamu semua untuk lebih mengenali dirimu dan orang-orang di sekitarmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.