11 Januari 2022

Review Sample Buku "The Real Deal on Love and Men"

Buku "The Real Deal on Love and Men", getting smart about dating, romance, and living happily ever after.

Karya: Michelle McKinney Hammond


Kesan awalku terhadap sample buku ini adalah bahasanya sangat tidak ramah. Lugasnya itu sarkas dan ada nada-nada merendahkan juga. Dia juga memuat konsul-konsul dari pembaca dan ada satu yang sangat kusoroti itu (menurut pikiran/pemahamanku) pembaca menulis keluhan itu karena ada bagian dari statement di buku Michelle yang gitu, tapi malah dibalik direspon penulis bahwa pembaca tersebut punya self esteem yang buruk. Padahal, kalau aku lihat isi buku ini, ini nggak baik untuk self esteem cewek karena semua di-mirroring ke cewek. Seolah apapun ke-error-an cowoknya, itu ceweknya kembar error seperti itu juga. Nah, pembaca mempertanyakan hal itu tapi malah direspon kayak gitu oleh penulis.


Jadi buku ini bahasanya sarkas ya dan penulis sadar akan hal itu. Berkali-kali dia bilang obat itu pahit tapi bermanfaat. 


Isi buku ini menurutku kurang terstruktur. Aku bingung. Isinya nggak mengalir seperti air dari satu bab ke bab lainnya. Tapi kalo dibilang terpisah itu nggak bener-bener terpisah. Kayak nanggung gitu lho. Nggak jelas. Selain itu, ada bagian yang menurutku kurang konsisten, pada bab depan dia mengatakan cowok yang tertarik pada cewek itu cerminan dari cewek itu (nyalahin ceweknya), sedangkan pada bab di belakangnya dia nyalahin cowoknya. Mungkin sebenarnya ini masalahnya ada pada kejelasan (clarity)-nya sehingga sepeti ambigu/inkonsistensi. 


Daftar isinya pun begitu, kata-kata/frase yang dipilih kurang jelas dan kurang spesifik, jadi nggak terlalu "terbaca" isinya. Dan daftar isi ini pun tidak memuat halaman (sepertinya kebanyakan/semua buku bule gini deh).


Nah, apa yang dibahas pada sample buku ini? Yang dibahas itu cewek harus upgrade diri dan punya "kehidupan" sehingga dia menarik, PD, dan bisa menarik lawan jenis/lawan jenis yang lebih baik. Trus cewek harus tahu cowok yang layak baginya, yaitu cowok-cowok yang mencerminkan sifat-sifat ketuhanan. Selain itu, di sini juga dibahas perbedaan setelan pria dan wanita beserta perbedaan perannya masing-masing.


Buku ini tidak murni netral. Dia memuat penyebutan-penyebutan istilah Kristen dan ajaran-ajaran/ayat-ayat Kristen. Entah ya, kayaknya kalo di buku bule itu buku umum pun masih banyak yang memuat ajaran agama tertentu (terutama Kristen). Nggak enjoy sih sebenarnya buatku yang beragama beda dengan penulis buku tersebut. 


So, kesimpulannya, buku ini mungkin lebih cocok untuk tipe orang blak-blakan, nggak sensitif, nggak sedang dalam kondisi self esteem rendah/down/mental buruk/betmut, nggak sedang butuh divalidasi, siap menerima "hard truth" (versi penulis), dan terutama Kristen. 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.