09 Mei 2021

Review Buku "The Luck Factor"

 


Orang beruntung dan orang sial. Benarkah ada orang yang bawaannya sering beruntung atau sering sial?

Sepertinya hidup tidak adil ya kalau ada yang semacam itu. Richard Wiseman, seorang psikolog yang memang tertarik dengan hal-hal yang unik/di luar bidang yang disukai psikolog lain pun penasaran untuk menelitinya.

Ternyata, memang ada penyebabnya mengapa beberapa orang tampak lebih beruntung sementara yang lainnya tidak. 

Buku ini diawali dengan tes untuk mengukur poin keberuntunganmu. Kalau poinmu rendah kemungkinan besar kamu akan sering sial, tetapi jangan khawatir karena di sana disediakan pula solusinya. Kamu hanya perlu mengikuti saran tersebut dan rajin melatih serta menerapkannya.

Menariknya lagi, buku ini seakan seperti rangkuman konsep keberuntungan dalam menerapkan perintah-perintah dan larangan-larangan dalam agama Islam jika kamu ingin mendapatkan penjelasannya secara ilmiah. Meski terdapat di dalam agama Islam, konsep ini berlaku secara umum/universal sehingga siapapun yang menerapkannya bisa beruntung di dunia. Sementara untuk di akhirat, sebenarnya prinsipnya sama, cuma ada beberapa aturan tambahannya.

Di antara hal-hal yang mungkin masuk ke dalam bahasan buku ini misalnya kepercayaan pada ramalan, berjudi, larangan sedih berlebihan ketika orang yang disayangi meninggal, konsep "jiwa yang tenang", dan masih banyak lagi kalau kamu punya input agama banyak dan kemampuan untuk mengintegrasikan mereka dengan isi buku ini. Banyak yang masuk/tercakup. Aku hanya menuliskan contoh yang agak implisit, contoh yang eksplisit mungkin kamu sudah bisa menemukan sendiri.

Buku ini adalah buku Richard Wiseman ke tiga yang kubaca. Pertama, "59 detik", buku ini sangat excellent bagiku, bagus banget dan berkesan banget. Buku ke duanya adalah "Lupakan Berpikir Positif, Saatnya Bertindak Positif" (aku lupa judul pastinya). Buku ke dua ini pun tak kalah bagusnya. Jadi, aku penasaran dengan buku-bukunya yang lain, sampailah aku pada buku ke tiganya ini, "The Luck Factor". Setelah membaca 3 bukunya yang bagus semua, kiranya aku bisa menyimpulkan bahwa nama Richard Wiseman adalah jaminan mutu. Karya-karyanya pasti bagus. 

Buku-bukunya sangat menarik dan ilmiah, tetapi cara penulisannya cukup luwes dan bergaya populer. Khusus untuk para penulis yang ingin mengubah karya ilmiahnya ke dalam bentuk buku, boleh banget lah ya ngintip cara Richard menulis/menyusun buku ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.