22 Desember 2019

Berjihad dengan Viral


Berjihad dengan Viral
 Viral
(Sumber: www.innova.com.tr)

Sungguh jeli Andrew Carnegie (multijutawan) saat menganggap Napoleon Hill mampu mengemban tugas berat itu. Itu karena Carnegie melihat Hill memiliki sifat pemimpin, yaitu sidiq, amanah, fathonah, dan tabligh. Walaupun Carnegie memberinya syarat berat, Hill dengan cepat menyanggupi. Hill bersedia mewawancarai orang-orang sukses selama 20 tahun atau lebih lalu menyusun dan menyebarkan prinsip-prinsip kesuksesan mereka.

Kesungguhan Hill akhirnya membuahkan sebuah buku mega best seller, Think and Grow Rich. Selain berhasil mensukseskan Napoleon Hill, buku itu juga membuat jutaan pembacanya menjadi multijutawan. Mereka yang sukses berkat buku tersebut biasanya akan merekomendasikannya lagi ke orang lain, sehingga sama-sama sukses. Itulah yang membuat Think and Grow Rich terkenal dan berpengaruh hingga sekarang. Dahsyat sekali bukan kata-kata Andrew Carnegie (verbal) dan Napoleon Hill (tulisan) dalam mengubah dunia.

Bila karya Hill merupakan viral yang baik, ada pula konten viral/best seller yang buruk atau menyalahi Islam. Itulah mengapa dakwah sebaiknya viral atau best seller. Selain bisa membendung konten buruk, dakwah tersebut juga bisa meluaskan pengaruh kebaikan untuk dunia/akhirat seseorang. Dan jika dilakukan dengan benar, pendakwahnya pun dapat meraih pahala sedekah jariyah yang berlipat ganda.

Di dalam Islam para salaf juga telah mencontohkannya, misalnya Ibnu Asakir. Ia berhasil menyusun kitab Al-Arba’in Al Buldaniyah, yang memuat 40 hadits yang dihimpun dari 40 syaikh dan 40 negeri. Ia memiliki guru 1300 orang, dan menurut Imam Adz-Dzahabi kitabnya mencapai 50-an.

Sungguh jauh semangat anak-anak zaman sekarang bila dibandingkan dengan Ibnu Asakir. Guru sudah ada dan terkumpul di satu lokasi, berbagai kemudahan pun telah tersedia, masih saja banyak alasan.

Ayolah, para generasi muda Islam, bangkitkan semangat literasi kalian. Tirulah kegigihan Hill dan Ibnu Asakir dalam memperjuangkan literasi dan niatkan dengan sengaja agar viral.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar