20 Maret 2019

Menjadi Miliuner Akhirat dengan Latte Factor


Dengan Latte Factor Semua Orang Bisa Menjadi Miliuner Akhirat 

Menjadi Miliuner Akhirat dengan Latte Factor

Suatu hari, pada saat seminar kekayaan oleh David Bach berlangsung, seorang wanita bertanya. “Bagaimana saya bisa mengikuti saran Anda sementara saya tidak memiliki uang lebih untuk digunakan sebagai simpanan?” Lalu mulailah David Bach meneliti keseharian wanita tersebut. Diinterogasinya wanita itu dengan beberapa pertanyaan, hingga akhirnya ditemukanlah latte factor ini.

Yang dimaksud latte factor adalah kebiasaan wanita tersebut untuk mengkonsumsi latte pada waktu istirahat kerja. Kantornya memberlakukan dua kali istirahat, yaitu pada pukul sepuluh pagi dan pada jam makan siang. Pada saat minum latte tersebut biasanya ia juga membeli camilan. Dalam pandangan David Bach, keduanya adalah faktor pengeluaran yang bisa dipangkas. Apalagi, wanita itu sudah menjadikannya sebagai rutinitas. Jika kebiasaan tersebut dialihkan, maka ia bisa memiliki beberapa uang sebagai simpanan. Nah, uang untuk simpanan ini disisihkan secara rutin, sehingga dalam waktu sepuluh tahun misalnya, ia sudah mencapai jumlah yang berarti.

Di dalam buku The Automatic Millionaire, David Bach mengajarkan bahwa untuk menjadi kaya tidak dengan cara menambah pendapatan, tetapi dengan mengelolanya secara benar. Salah satu cara yang diajarkan adalah dengan latte factor tadi. Meskipun namanya latte, Anda bisa menggantinya dengan yang lain, rokok misalnya. Jadi, dengan berhenti merokok, uang rokok tadi dapat disimpan, sehingga akan menjadi sumber kekayaan Anda nantinya.

Semudah itu, dan akan semakin mudah jika yang akan Anda bangun adalah kekayaan atau kesejahteraan di akhirat. Tinggal diubah alokasinya saja, yang tadinya simpanannya untuk urusan dunia, sekarang untuk akhirat. Mengapa saya katakan mudah? Karena satu sedekah saja berpotensi untuk dilipatgandakan pahalanya hingga tujuh ratus kali lipat. 

Oh ya, latte factor ini tidak mensyaratkan jumlah uang yang banyak. Ia hanya membutuhkan istiqamah atau rutinitas di dalam pelaksanaannya. Penerapannya cukup mudah, Anda hanya harus menyisihkannya di awal, tidak di akhir. Inilah harta Anda yang sebenarnya, dan harus Anda perjuangkan. Untuk mengingatkan, harta kita yang sesungguhnya adalah apa yang kita makan kemudian habis, apa yang kita pakai kemudian usang/rusak, dan apa yang kita sedekahkan. 

Menjadi Miliuner Akhirat dengan Latte Factor

Jika Anda bukan penikmat latte atau kopi, lalu apa latte factor Anda? Pertama-tama, mulailah dengan mendefinisikan latte factor Anda. Periksa pengeluaran apa yang kira-kira bisa dipangkas. Mungkin Anda bisa berhenti merokok. Mungkin Anda bisa mengganti  makan siang Anda dengan membawa bekal sendiri dari rumah. Mungkin Anda bisa mengurangi atau mengganti camilan Anda dengan yang lebih murah. Mungkin Anda bisa mengurangi pergi makan-makan atau travelling dengan teman. Atau mungkin Anda bisa menghemat pengeluaran listrik dengan mengganti lampu rumah dengan lampu hemat energi. Selain itu, Anda juga bisa mengubah kebiasaan tidur dari yang tadinya tidur dengan lampu menyala menjadi tidur dengan lampu dimatikan. Bagi Anda yang tadinya naik kendaraan umum, bisa juga dengan mulai membeli motor dan naik motor sendiri. Banyak sekali cara yang bisa dilakukan. Meskipun pola-pola penghematan atau anggaran yang dipangkas mungkin berbeda-beda antara orang yang satu dengan lainnya, tidak apa-apa. Yang penting Anda bisa menyisihkan uang. Penghematan seribu rupiah per hari pun tidak apa-apa. Seadanya saja. Tapi ingat, tidak boleh diotak-atik untuk keperluan lain.

Menjadi Miliuner Akhirat dengan Latte Factor

Sekarang mari kita hitung. Andai Anda hanya bisa menyisihkan seribu rupiah per hari, maka dalam sebulan uang Anda sudah menjadi 30 ribu rupiah. Dalam setahun menjadi 360 ribu rupiah. Dalam 10 tahun akan menjadi 3,6 juta rupiah. Nah, misalkan Anda mendapat pahala dari Allah sebanyak 700 kali lipat, maka uang Anda di akhirat sudah menjadi 2.520.000.000. Sudah menjadi miliuner akhirat, bukan? 

Itu jika Anda hanya mampu menyisihkan 1000 rupiah per hari. Anda harus lebih bersemangat menambahnya jika mampu, karena itulah harta Anda yang sebenarnya. Selain itu, Anda juga harus meningkatkan keikhlasan agar pahala dari Allah bisa menjadi maksimal.
Untuk teknisnya, Anda bisa mendonasikan uang Anda tiap bulan misalnya. Jika per hari Anda mampu menyisihkan 1000 rupiah, maka tiap bulan Anda bisa menyumbang 30 ribu rupiah. 


Dompet Dhuafa, Tempat Amanah Penyalur Dana Sosial Anda

Menjadi Miliuner Akhirat dengan Latte Factor
Dompet Dhuafa membantu korban banjir dan tanah longsor di Gowa, Sulsel

Setelah mengenal latte factor, sekarang Anda telah mengetahui cara menghimpun kekayaan. Anda tentu tidak ingin bukan pemberian Anda jatuh ke tangan yang salah? Oleh karena itu, salurkan saja pada Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa adalah akun resmi lembaga sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana zakat, infak, sedekah dan wakaf. Yayasan Dompet Dhuafa Republika berdiri pada 4 September 1994. Kemudian pada 10 Oktober 2001, ia dikukuhkan sebagai Lembaga Zakat Nasional (Lembaga Amil Zakat) oleh Departemen Agama RI.




Menjadi Miliuner Akhirat dengan Latte Factor

 Jumlah penerima bantuan Dompet Dhuafa hingga Desember 2018


Peran Dompet Dhuafa sudah mencakup berbagai sektor. Bahkan, Indonesia dan dunia sudah merasakan manfaatnya. Lembaga ini tidak hanya membantu korban bencana alam, tetapi juga korban bencana kemanusiaan, membantu melestarikan lingkungan, memberdayakan para usahawan, dan sebagainya. Jadi, sudah tidak usah ragu untuk berdonasi di sini. 

Menjadi Miliuner Akhirat dengan Latte Factor
Dapur keliling Dompet Dhuafa untuk Palu, Donggala, dan Sigi

Selain itu, Dompet Dhuafa juga menyediakan berbagai kemudahan untuk berdonasi. Anda bisa menyalurkan donasi Anda melalui :
1. Kanal donasi online, yaitu melalui: donasi.dompetdhuafa.org
2.    Transfer bank
3.    Counter
4. Care visit (meninjau langsung lokasi program)
5.    Tanya jawab zakat
6.    Edukasi zakat
7.    Laporan donasi
8.    Go pay

Menjadi Miliuner Akhirat dengan Latte Factor

Menjadi Miliuner Akhirat dengan Latte Factor


Bagi yang tidak ingin repot atau takut lupa, Anda juga bisa langsung autodebet. Pokoknya, Dompet Dhuafa itu oke banget buat donatur. Sangat memanjakan donatur. Sedangkan bagi penerima, donasinya bisa sangat luas manfaatnya.

Bagaimana? Oke kan lembaga sosial kemanusiaan ini? Salurkan saja dana dari latte factor Anda ke sana. Insya Allah Anda tidak akan menyesal. 

Jangan takut berbagi! Berbagi tidak membuat miskin. Malahan, berbagi dapat membuat Anda berpotensi menjadi miliuner akhirat. 

Mari berlomba-lomba di dalam kebaikan dan takwa!



“Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Jangan Takut Berbagi yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa”