15 Agustus 2017

Dicurigai Bukan Anak Kandung, Ini Penyebab Anak Tidak Mirip Orangtuanya




Dicurigai Bukan Anak Kandung, Ini Penyebab Anak Tidak Mirip Orangtuanya

Sienna dan Sierra, kembar tapi yang satu kerdil
Sumber: Wowkeren.com

Pada umumnya, seorang anak akan mirip dengan ayah atau ibunya. Kemiripan tersebut bisa terjadi pada fisik, sifat, tingkah laku, mental/emosional, dan penyakit. Anak yang tidak mirip dengan orangtuanya biasanya akan dicurigai. Banyak orangtua yang tidak mau menerima anaknya atau memperlakukan mereka dengan kurang baik karena ketidakmiripan tersebut. Secara tidak langsung, mereka telah menuduh pasangannya berzina/selingkuh, atau mengira bayinya telah tertukar. Di sisi si anak bisa saja ia mengira orangtuanya selingkuh, timbul perasaan ingin mencari orangtuanya yang sesungguhnya, dan semacamnya. 

Kadang-kadang, hal ini dipicu bukan oleh orangtuanya sendiri, tetapi oleh komentar-komentar dari luar. Biasanya, spontan orang yang melihat anak tersebut akan berkata “Eh dia mirip ayahnya ya” atau “Mirip ya sama ibunya”. Nah ketika orang luar berkata “Kok tidak mirip ayah dan ibunya ya?” Akhirnya bisa timbul syak wasangka di hati orangtua si anak tersebut, atau malah anak itu sendiri. Pendeknya, kondisi tersebut rawan menimbulkan keretakan di dalam rumah tangga.

Dicurigai Bukan Anak Kandung, Ini Penyebab Anak Tidak Mirip Orangtuanya
Dipenjara 30 tahun karena wajahnya mirip pemerkosa
Sumber: news.com.au

Ya, memang masalah mirip dan tidak mirip ini sangatlah rumit. Ada yang mengalami masalah karena mirip, dan ada pula yang mengalami masalah karena tidak mirip. Selain contoh yang sudah disebutkan di atas, masalah tersebut misalnya:

1.  Anak mirip ayahnya, sedangkan si ibu tidak suka suaminya. Atau sebaliknya, anak mirip ibunya, sedangkan si ayah tidak suka dengan istrinya.
2.    Anak itu hasil perkosaan, mirip pemerkosanya. Si ibu akhirnya membenci si anak.
3.    Anak itu hasil perzinaan, mirip pasangan zina-nya. Dia juga bisa dibenci oleh ibunya.
4.    Anak lebih mirip dirinya (ayah/ibu) dibanding saudaranya, sehingga lebih disayang (perlakuan tidak adil)
5.    Wajah mirip dengan pelaku kriminal, akhirnya dihukum (salah tangkap).
6. Wajah mirip dengan presiden/orang penting, akhirnya dijadikan “orang penting” versi palsu (untuk membohongi publik atau menyelamatkan diri dari orang-orang yang mencoba membunuh di “orang penting” tadi), dan lain-lain.

Dicurigai Bukan Anak Kandung, Ini Penyebab Anak Tidak Mirip Orangtuanya
Mirip presiden Obama
Sumber: Cdn.brilio.net

7.    Perbedaan golongan darah
Golongan darah anak tidak selalu sama dengan orangtuanya, meskipun itu benar-benar anaknya (anak kandung).
a.       Jika golongan darah ayah A homozigot dan  ibu A homozigot = golongan darah anak semuanya A homozigot.
b.      Jika golongan darah ayah A homozigot dan  ibu A heterozigot (atau sebaliknya) = golongan darah anak semuanya A, tetapi bisa A homozigot atau A heterozigot.
c.     Jika golongan darah ayah A heterozigot dan  ibu A heterozigot = golongan darah anak bisa A homozigot, A heterozigot, atau O.
d.       Jika golongan darah ayah A homozigot dan ibu B homozigot (atau sebaliknya) = golongan darah anak semuanya AB.
e.       Jika golongan darah ayah A homozigot dan ibu B heterozigot (atau sebaliknya) = golongan darah anak bisa AB atau A heterozigot.
f.       Jika golongan darah ayah A heterozigot dan ibu B homozigot (atau sebaliknya) = golongan darah anak bisa AB atau B heterozigot.
g.      Jika golongan darah ayah A heterozigot dan ibu B heterozigot (atau sebaliknya) = golongan darah anak bisa AB, A heterozigot, B heterozigot, atau O.
h.        Jika golongan darah ayah B homozigot dan ibu B homozigot = golongan darah anak semuanya B.
i.        Jika golongan darah ayah B homozigot dan ibu B heterozigot (atau sebaliknya) = golongan darah anak bisa B homozigot atau B heterozigot.
j.     Jika golongan darah ayah B heterozigot dan ibu B heterozigot = golongan darah anak bisa B homozigot, B heterozigot, atau O.
k.       Jika golongan darah ayah A homozigot dan ibu O (atau sebaliknya) = golongan darah anak semuanya A homozigot.
l.          Jika golongan darah ayah A heterozigot dan ibu O (atau sebaliknya) = golongan darah anak bisa A heterozigot atau O.
m.      Jika golongan darah ayah B homozigot dan ibu O (atau sebaliknya) = golongan darah anak semuanya B homozigot.
n.        Jika golongan darah ayah B heterozigot dan ibu O (atau sebaliknya) = golongan darah anak bisa B heterozigot atau O.
o.        Jika golongan darah ayah A homozigot dan ibu AB (atau sebaliknya) = golongan darah anak bisa A homozigot atau AB.
p.        Jika golongan darah ayah A heterozigot dan ibu AB (atau sebaliknya) = golongan darah anak bisa A homozigot, A heterozigot, B heterozigot, atau AB.
q.        Jika golongan darah ayah B homozigot dan ibu AB (atau sebaliknya) = golongan darah anak bisa B homozigot atau AB.
r.          Jika golongan darah ayah B heterozigot dan ibu AB (atau sebaliknya) = golongan darah anak bisa B homozigot, A heterozigot, B heterozigot, atau AB.
s.         Jika golongan darah ayah AB heterozigot dan ibu O (atau sebaliknya) = golongan darah anak bisa A heterozigot atau B heterozigot.
t.          Jika golongan darah ayah O dan ibu O = golongan darah anak O.
u.        Jika golongan darah ayah AB dan ibu AB = golongan darah anak bisa A homozigot, B homozigot, atau AB.
   
Dengan adanya berbagai kasus tadi, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui:
1.    Fisik anak akan mirip dengan fisik asli orangtuanya
Jika orangtua melakukan operasi plastik misalnya, maka wajah anak akan tetap menyerupai wajah orangtuanya saat sebelum operasi plastik.

Dicurigai Bukan Anak Kandung, Ini Penyebab Anak Tidak Mirip Orangtuanya
Wajah asli istrinya (operasi plastik) ketahuan setelah melahirkan anak-anaknya 
Sumber: IB Times
2.    Ada orang yang bukan saudara kandung tetapi mirip
Dicurigai Bukan Anak Kandung, Ini Penyebab Anak Tidak Mirip Orangtuanya
Cut Tari dan Ersa Mayori, bukan saudara kandung tapi mirip
Sumber: Tribun

Dicurigai Bukan Anak Kandung, Ini Penyebab Anak Tidak Mirip Orangtuanya
 Mirip tapi bukan saudara kandung
Sumber: hello-pet.com

Ilmuwan mengatakan bahwa potensi hal itu terjadi cukup besar mengingat terbatasnya genetik fitur wajah seseorang. Kemungkinan mereka memang masih berkerabat walaupun garis keturunannya masih sangat jauh. 

3.    Ada anak yang tidak mirip orangtuanya, tetapi mirip kakek neneknya atau ke atasnya lagi

Dicurigai Bukan Anak Kandung, Ini Penyebab Anak Tidak Mirip Orangtuanya
 Yuki, mirip ratu dari Dinasti Yuan (apakah masih berkerabat?)
Sumber: beritakompas.com

4.    Ada saudara kandung yang tidak mirip

    Seperti dikutip dari Howstuffworks, Selasa (11/5/2010), kromosom terdiri dari beberapa alel. Alel ini mengandung kode genetik. Kombinasi alel itu terdapat dalam setiap kromosom yang terbentuknya secara acak. Si alel inilah yang akan menentukan bagaimana wajah seseorang. Contohnya, sepasang kromosom bisa menjadi alel dominan dan alel resesif yang mengkodekan sesuatu seperti warna rambut atau kulit. Ketika membentuk satu sel baru itu akan muncul satu karakter dominan yang berbeda dengan anak lainnya, tergantung dari sel mana yang lebih dominan dan mana yang lebih resesif. Keragaman kombinasi alel yang menyusun kromosom itulah yang menyebabkan setiap anak berbeda, meskipun memiliki orangtua yang sama.
  
Dicurigai Bukan Anak Kandung, Ini Penyebab Anak Tidak Mirip Orangtuanya
Cameron Diaz dan Chimene Diaz (saudara kandung yang mirip)
Sumber: Bright Side

Dicurigai Bukan Anak Kandung, Ini Penyebab Anak Tidak Mirip Orangtuanya
Sheza dan Shezi Idris (Saudara kandung yang mirip)
Sumber: IG. Sheza Idris

5.    Ada anak kembar yang tidak mirip, bahkan sangat jauh berbeda
   Menurut Dr Stephen Withers, dari klinis genetika interanasional, kondisi ini biasanya terjadi pada pernikahan ras campuran, yang mana satu telur memiliki dominan untuk satu warna kulit. Namun hal ini diakui cukup langka terjadi yaitu sekitar 1 dari 1 juta kehamilan, terutama jika bisa menghasilkan bayi kembar secara bersamaan.


    Langkanya kondisi ini karena untuk memiliki dua sel telur yang dibuahi dengan gen warna kulit berbeda masih kurang umum terjadi, dan cenderung terjadi pada kembar fraternal. Namun diperkirakan hal ini bisa saja menjadi kondisi yang umum, seiring dengan semakin banyaknya pasangan ras campuran.



    "Ibu berkulit hitam kemungkinan memiliki leluhur yang berkulit putih atau sebaliknya ayah berkulit putih memiliki leluhur yang berkulit hitam. Sehingga pada kondisi tertentu gulungan DNA yang mati menyebabkan bayi dari orangtua birasial ini hanya mewarisi pengkodean genetik untuk satu warna," ujar Peter Propping, mantan direktur Institute for Human Genetics di Bonn University. (Health.detik.com, 15/9/2010)


Ahli genetik populasi Dr Jim Wilson dari University of Edinburgh menjelaskan, “Anda bisa meramalkan, dua keturunan kulit putih murni tak akan bisa mendapat kembar hitam putih dan begitu sebaliknya pada dua keturunan murni Afrika”.


Namun, bukanlah suatu hal mustahil untuk meramalkan berkulit apakah orang yang memiliki warisan campuran Afrika dan Eropa. “Karena orang tua berkontribusi 50% pada gen tiap keturunan, generasi pertama yang lahir adalah pasangan campuran ras di antara kedua warna ini,” katanya.



Pada generasi kedua akan berbeda, lanjutnya. Jika salah satu keturunan menikahi orang putih, terdapat probabilitas baru anak yang lahir juga berkulit putih karena keturunan tersebut tak lagi memiliki varian 50/50 hitam dan putih.

“Saat orang tua dengan ras campuran dan satu berkulit putih, kesempatan lahirnya bayi berkulit putih masih kecil namun satu dalam 10 bayi yang ada kini memiliki ras campuran yang artinya potensi lahirnya kembar hitam putih bisa lebih mungkin,” paparnya.
 


Dicurigai Bukan Anak Kandung, Ini Penyebab Anak Tidak Mirip Orangtuanya
Lucy dan Maria Aylmer (kembar tetapi sangat jauh berbeda)
Sumber: Dailymail 

Dicurigai Bukan Anak Kandung, Ini Penyebab Anak Tidak Mirip Orangtuanya
Kian dan Remme, kembar dari ibu kulit putih dan ayah kulit hitam (langka)
Sumber: Dailymail


    Ada juga kasus di mana wajah, sifat, kesenangan, dan golongan darah yang berbeda. Misalnya anak kembar tiga pasangan Dewi Said dan Doddy. Kembar ini terdiri dari dua perempuan dan satu laki-laki. Dua orang memiliki golongan darah mirip ibunya dan seorang lagi sejenis dengan ayahnya.



Kembar beda ayah

Sumber: Mirror.co.uk

   Namun, kembar yang tidak mirip dan sangat jauh berbeda seperti hal-hal di atas bisa juga terjadi karena beda ayah. Alias, karena perselingkuhan. Kasus ini juga langka, hanya terjadi pada 1 dari 1 milyar kelahiran kembar. Dr Chris Dreiling dari Paediatric Association of Dallas, mengatakan, kasus semacam itu mungkin terjadi ketika wanita yang tengah berada pada masa ovulasi menghasilkan beberapa sel telur matang. Dalam rentang waktu yang hampir bersamaan, wanita itu kemudian berhubungan intim dengan sejumlah pria berbeda. Sebab, sel telur yang sudah matang bisa bertahan di saluran falopi selama 48 jam. Dunia medis menyebut kasus semacam itu sebagai heteropaternal superfecundation. Meski mungkin terjadi, tapi sangat jarang. Kasus pertama mencuat pada 1810 lewat pemaparan seorang dokter asal Amerika Serikat, John Archer.
 
 

 6.    Ada orang mirip tapi bukan saudara kandung dan bukan dari jenis kelamin yang sama, misalnya seorang wanita mirip dengan seorang laki-laki yang bukan saudaranya.

Dicurigai Bukan Anak Kandung, Ini Penyebab Anak Tidak Mirip Orangtuanya
Ansel Elgort dan Julia Stiles, bukan saudara tapi mirip
Sumber: s15.postimg.org

Saya benar-benar pernah menemui hal ini. Seorang pria asing sangat mirip dengan sepupu saya (wanita).
7.    Tinggi badan umumnya diwariskan dari orangtuanya, namun juga dipengaruhi oleh kecukupan kebutuhan akan gizi/nutrisi.
8.  Kembar identik lebih mirip kepribadiannya daripada kembar fraternal, bahkan ketika anak kembar identik tinggal bersama orangtua yang berbeda.
9.   Kepribadian anak adopsi lebih mirip dengan orangtua biologisnya daripada orangtua adopsinya, walaupun mereka tidak mengenal orangtua biologisnya.
10.    Warna kulit anak bisa berbeda-beda dari orangtuanya, karena warna kulit dikendalikan oleh beberapa gen.

Dicurigai Bukan Anak Kandung, Ini Penyebab Anak Tidak Mirip Orangtuanya
Keluarga Chris Giddings dan Tess dengan anak-anak yang bervariasi
Sumber: thesun.co.uk

Kasus nyata terjadi di Inggris. Sepasang suami istri, Chris Giddings dan Tess, mempunyai 4 anak dengan warna kulit yang berbeda-beda. Anak pertama dan keduanya memiliki ras campuran bermata hijau-biru, rambut keriting, dan kulit seperti buah zaitun. Anak ke-3 berkulit putih, mata biru, dan rambut pirang lurus. Sedangkan anak ke-4 berkulit cokelat, bibir tebal, dan hidung menonjol seperti ayahnya. 

Hal itu bisa terjadi karena kebanyakan orang kulit putih membawa 1-2 gen kulit gelap dan mayoritas orang kulit hitam membawa 1-2 gen kulit terang.

11.    Bagaimana anak bisa mirip ayah atau ibunya?
Di dalam Fathul-Baariy, 7/273 yang terdapat pada website http://wiyonggoputih.blogspot.co.id/2016/08/penjelasan-tentang-kemiripan-anak.html disebutkan penjelasan dari berbagai hadits yang terkait akan hal ini:
a.       Apabila air mani laki-laki lebih banyak dan keluar mendahului air mani wanita, maka anak yang lahir adalah laki-laki dan serupa dengan ayahnya atau keluarga ayahnya.

Dicurigai Bukan Anak Kandung, Ini Penyebab Anak Tidak Mirip Orangtuanya
Mirip ayah
Ayah (kiri) dan anak (kanan)

Dicurigai Bukan Anak Kandung, Ini Penyebab Anak Tidak Mirip Orangtuanya
Mirip kakeknya

Dicurigai Bukan Anak Kandung, Ini Penyebab Anak Tidak Mirip Orangtuanya
Mirip pada garis keturunan yang sangat jauh
Ralph Lincoln, keturunan Abraham Lincoln pada generasi ke-11
b.      Apabila air mani wanita lebih banyak dan keluar mendahului air mani laki-laki, maka anak yang lahir adalah wanita dan serupa dengan ibunya atau keluarga ibunya.

Dicurigai Bukan Anak Kandung, Ini Penyebab Anak Tidak Mirip Orangtuanya
Mirip ibu
Ibu (kiri) dan anak (kanan)

Dicurigai Bukan Anak Kandung, Ini Penyebab Anak Tidak Mirip Orangtuanya
 Mirip nenek
Nenek (kiri) dan cucu perempuan (kanan)
c.       Apabila air mani laki-laki mendahului air mani wanita, namun air mani wanita lebih banyak; maka anak yang lahir adalah laki-laki dan serupa dengan ibunya atau keluarga ibunya.

Dicurigai Bukan Anak Kandung, Ini Penyebab Anak Tidak Mirip Orangtuanya
Mirip ibu
Ibu (kiri) dan anak laki-lakinya (kanan)
Sumber: boredpanda.com

 d.      Apabila air mani wanita mendahului air mani laki-laki, namun air mani laki-laki lebih banyak; maka anak yang lahir adalah wanita dan serupa dengan ayahnya atau keluarga ayahnya.

Dicurigai Bukan Anak Kandung, Ini Penyebab Anak Tidak Mirip Orangtuanya
 Mirip ayah
Ayah (kiri) dan anak perempuan (kanan)
e.       Apabila air mani laki-laki mendahului air mani wanita dan dua-duanya sama banyaknya, maka anak yang lahir adalah laki-laki tanpa ada keserupaan secara khusus kepada keduanya.
f.       Apabila air mani wanita mendahului air mani laki-laki dan dua-duanya sama banyak, maka anak yang lahir adalah wanita tanpa ada keserupaan secara khusus kepada keduanya.
Tetapi hal yang perlu ditekankan dalam penggalan hadits di atas adalah  “air mani yang mendahului”. Maksud yang pemakalah pahami di sini adalah “sifat yang mendominasi atau gen yang dibawa yang lebih mendominasi dari pasangannya” seperti penjelasan sains di atas. 

Dicurigai Bukan Anak Kandung, Ini Penyebab Anak Tidak Mirip Orangtuanya
Mirip saudara sepupu



Perbedaan DNA Antar Manusia Sebenarnya Sangat Kecil



Semua orang di seluruh dunia sebenarnya nyaris sama. Semua umat manusia, di seluruh belahan dunia memiliki 99% molekul DNA yang persis sama. Perbedaan seperti warna kulit dan rambut, hanya berasal dari 1% perbedaan genetik saja. Bahkan antara manusia dengan simpanse pun perbedaan genetiknya hanya 5 % (Wikipedia, Human Genome).


Steve Olson, peneliti yang bertugas pada The Institute for Genomic Research, bahkan menyatakan bahwa ras-ras manusia itu sebenarnya tidak ada. Dengan membandingkan urutan nukleotida yang terdapat pada individu dan kelompok yang berlainan, para ahli menemukan bahwa seluruh manusia memiliki 85 persen pola DNA yang sama. Sedang sisanya, sekitar 15 persen, merupakan variasi genetik yang mengakibatkan diversivikasi ciri fisik kita. Padahal, para ahli biologi konservasi mengatakan bahwa pembagian individu-individu pada sebuah spesies ke dalam sub-spesies alias ras hanya bisa dilakukan jika perbedaan genetiknya sebesar 25 hingga 30 persen. Berdasarkan fakta-fakta genetik ini, Olson berani menyimpulkan bahwa sebenarnya ras-ras manusia itu tidak ada".
 

Dicurigai Bukan Anak Kandung, Ini Penyebab Anak Tidak Mirip Orangtuanya
Orangtua hitam tetapi bayinya putih
Sumber: thesun

Masalah mirip tidak mirip ini sungguh pelik, karena bisa berhubungan dengan kehormatan/nama baik, keutuhan rumah tangga, hak asuh, penelantaran, perlakuan tidak adil, hak/warisan, bahkan nyawa. Oleh karena itu, perhatikan dengan baik hal-hal di atas sebelum menuduh/mencurigai apakah seseorang itu benar-benar anak Anda atau bukan. Lebih amannya memang tes DNA saja, tetapi sebelum hasil tes keluar tetap kedepankan asas praduga tak bersalah.



Sumber:
https://health.detik.com/read/2016/09/15/103343/3298421/764/memahami-alasan-mirip-tidaknya-anak-dengan-orang-tua
http://health.detik.com/read/2015/09/09/073538/3013768/763/apakah-benar-setiap-orang-di-dunia-punya-kembaran


https://health.detik.com/read/2010/05/11/094333/1354963/763/kenapa-satu-kandung-bisa-berbeda-wajah

http://health.detik.com/read/2010/09/15/114241/1440888/764/kembar-beda-warna-yang-langka
http://wiyonggoputih.blogspot.co.id/2016/08/penjelasan-tentang-kemiripan-anak.html

http://www.apakabardunia.com/2011/10/beda-warna-kulit-ternyata-kembar-kok.html

http://teknologi.inilah.com/read/detail/1785722/bayi-kembar-kok-beda-warna-kulit
http://www.kompasiana.com/kikikartika/teori-kepribadian-eysenck_54f74e4ea33311fd2f8b4583

http://twinmultiplebirth.blogspot.co.id/2008/06/perbedaan-dan-kesamaan-si-kembar.html
http://www.serambi.co.id/resensi/10/-sebenarnya-ras-ras-manusia-itu-tidak-ada-#.WZJXf7ZLfIV
http://kedooon.blogspot.co.id/2010/11/bayi-kembar-namun-beda-ayah-kiamat.html