02 Agustus 2016

Lebih Siap di Kehamilan Pertama Berkat Bunda ke-3

Lebih Siap di Kehamilan Pertama Berkat Bunda ke-3
Sms Bunda

Dalam hubungan antara pria dan wanita lajang, apalagi yang dinanti selain pernikahan. Momen yang sebenarnya bukan titik akhir, tetapi titik awal menuju kehidupan baru sebagai suami istri. Mungkin banyak yang masih membayangkan bahwa kehidupan berumah tangga itu penuh dengan keindahan dan suka cita saja, kurang lebih seperti masa-masa pacaran. Namun ternyata tidak seperti itu, setelah berumah tangga masing-masing dari mereka bisa terlihat jelas dan lengkap segala kekurangan beserta kelebihannya, juga kesiapannya dalam berumah tangga. Tak jarang kemudian keindahan yang dibayangkannya sebelum menikah hilang dalam sekejap setelah datang kabar yang sebenarnya juga membahagiakan, kehamilan. Penyebabnya tak lain adalah karena faktor yang di antaranya berasal dari istri (wanita), yaitu cemas, bingung, tidak siap, dan entah apa lagi.

Lebih Siap di Kehamilan Pertama Berkat Bunda ke-3

Periksa kehamilan 4 kali


Kita pasti tahu bahwa setelah menikah kita tak bisa mengharapkan kehidupan yang sama. Sedikit banyak pasti ada perubahannya. Apalagi pada wanita, sebagai pihak yang umumnya ikut suami setelah menikah. Wanita yang tadinya hanya punya 1 bunda (ibu kandung) akhirnya ketambahan 1 bunda lagi (ibu mertua, jika masih hidup) atau bahkan lebih (misal suami punya ibu asuh juga). Tapi ... untuk bertanya/berkomunikasi dengan ibu sendiri sudah lebih sulit karena kita sudah tidak tinggal bersamanya, sedang untuk bertanya/berkomunikasi dengan ibu mertua terkadang rasanya asing, kurang akrab, dan kurang nyaman tentunya. Stres, bukan?

No, ibu hamil nggak boleh stres, bisa berakibat buruk pada diri dan janinnya.

Lebih Siap di Kehamilan Pertama Berkat Bunda ke-3

Kaki bayi memang bengkok

Beberapa wanita lain bisa berinteraksi dengan bunda pertama, bunda ke dua, atau keduanya. Akan tetapi, masih banyak tercampur antara mitos dan fakta di masyarakat yang bisa saja diyakini oleh kedua bundanya tersebut. Selain itu, kita juga tidak tahu apakah yang diajarkan itu benar atau salah karena masih banyak dari bunda-bunda tersebut yang hanya berkata berdasarkan pengalamannya atau pengalaman dan nasehat dari orang-orang terdahulu. Terkadang, hal ini bisa membawa akibat buruk bagi ibu hamil atau janinnya, termasuk risiko kematian. Pernah dengar tidak tentang anjuran orang-orang agar bayi dibedong rapat? Atau pandangan bahwa susu formula (sufor) sama baiknya dengan ASI? Atau hal-hal lain semacam itu? Itu sering kita dengar dari orang yang tua-tua atau masyarakat pada umumnya padahal hal-hal tersebut tidak benar.

Lebih Siap di Kehamilan Pertama Berkat Bunda ke-3

ASI lebih baik daripada susu formula


http://klikbayi.com/?ref=gardenia1


Beberapa wanita sisanya lebih suka mencari info sendiri seputar kehamilannya, misal melalui internet, buku, tabloid, video, radio, atau lainnya. Serupa dengan penjelasan bunda, cara ini juga tergantung sumbernya, bisa dipercaya atau tidak. Andai bisa dipercaya pun sedikit banyak kita harus mengeluarkan upaya atau biaya untuknya. Bukan berarti upaya-upaya di atas pasti buruk, hanya saja perlu lebih waspada.


1000 Hari Pertama Kehidupan (Periode Emas)
Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=BXvqtElCBOA

Beruntung kini ada Sms Bunda sebagai solusi dari semuanya. Layanan ini merupakan hasil kerja sama antara lembaga nirlaba Jhpiego, GE Foundation, dan Dinas Kabupaten. Isinya tentang informasi kesehatan ibu dan bayi sampai dengan 1000 hari pertama kehidupan, yaitu 270 hari dimulai sejak masa kehamilan hingga 730 hari sampai anak berusia 2 tahun. Mengapa 1000 hari pertama kehidupan? Karena masa-masa itu merupakan periode emas si anak.

Lebih Siap di Kehamilan Pertama Berkat Bunda ke-3

Tujuan Sms Bunda

Keberadaan layanan Sms Bunda ini dilatarbelakangi oleh tingginya angka kematian ibu dan bayi baru lahir di Indonesia. Bahkan, tingginya tingkat kematian ibu di Indonesia merupakan yang tertinggi se-Asia Tenggara sejak 2007 (UNFPA, 2013). Sungguh memprihatinkan. Nah, dengan Sms Bunda ini ibu diingatkan akan kondisi-kondisi bahaya yang mungkin dihadapi sehingga diharapkan bisa mengantisipasi sejak dini dan menjaga kehamilan atau anaknya dengan lebih baik, serta paham cara mencari penanganan di saat komplikasi terjadi. Info-info di dalamnya sudah sesuai dengan buku KIA dari Kemenkes sehingga sumbernya terpercaya dan tidak membahayakan ibu, janin, atau anak yang telah lahir.

Lebih Siap di Kehamilan Pertama Berkat Bunda ke-3

Hal-hal yang harus dihindari selama nifas

Sms Bunda ini bagaikan bunda ke-3 bagi para wanita yang sudah menikah. Dekat dengan bunda ke-3 membuat mereka lebih siap di kehamilan pertamanya. Hati jadi lebih tenang, ibu dan anaknya pun bisa lebih aman dan sehat. Suami juga begitu, jadi tidak perlu memilih mau ibu atau bayinya yang selamat. Ibu dan bayinya sama-sama penting, jika keduanya selamat maka kebahagiaan yang ada bisa lebih sempurna.


Lebih Siap di Kehamilan Pertama Berkat Bunda ke-3

Kondisi bahaya dan harus segera dibawa ke rumah sakit


Lebih Siap di Kehamilan Pertama Berkat Bunda ke-3

Kondisi bahaya dan harus segera dibawa ke rumah sakit


Informasi-informasi penting dari Sms Bunda akan dikirimkan langsung kepada ibu dan ayah (suami istri) ke HP-nya. Pesan tersebut di antaranya berisi tentang pentingnya menerima perawatan dari tenaga terampil selama kehamilan, saat melahirkan dan setelah melahirkan, tanda-tanda komplikasi kehamilan, persiapan melahirkan, penggunaan suplemen zat besi, gizi untuk ibu dan pemberian ASI, praktek perawatan nifas dan bayi baru lahir, keluarga berencana, tanda-tanda penyakit pada bayi baru lahir dan kapan mencari penanganan.

Lebih Siap di Kehamilan Pertama Berkat Bunda ke-3

Pentingnya kontak fisik antara orang tua dengan bayinya yang baru lahir


Di dalam penanganan janin dan anak ayah juga perlu dilibatkan. Selain memang anak membutuhkan kasih sayang dan perhatian dari kedua orangtuanya, tak jarang kesalahan/keburukan yang terjadi pada ibu dan anaknya disebabkan karena ayah. Misalnya, karena terlalu senang atau khawatir maka ayah terlalu memanjakan ibu. Ibu tak boleh beraktivitas apapun, terlalu banyak duduk, atau menjadi kurang gerak. Ini salah. Kurang gerak malah dapat menghambat aliran darah menuju ke rahim. Sebaliknya, aktif bergerak justru bisa memicu janin terdorong masuk ke jalan lahir dengan posisi tepat.  Apalagi jika berolahraga ringan, malah membuat ibu terbebas dari varises saat hamil.

Lebih Siap di Kehamilan Pertama Berkat Bunda ke-3

Ibu hamil tak boleh duduk terlalu lama


Lebih Siap di Kehamilan Pertama Berkat Bunda ke-3

Ibu hamil dianjurkan untuk berolahraga ringan


Memiliki 3 bunda atau dekat dengan bunda ke-3 bukanlah monopoli kaum wanita (istri), suami (pria) pun juga bisa demikian sebagai bentuk dukungan terhadap istri dan anaknya.

Untuk memiliki bunda ke-3 ada 2 cara yang bisa dipilih, yaitu:

1.    Registrasi Dilakukan Pendaftar

Ketik: 

REG (spasi) PERKIRAAN TANGGAL BERSALIN (spasi) KAB/KOTA 

Contoh: 

REG 23/07/2016 TANGERANG 

Kirim ke: 08118469468


Ganti Tanggal Bersalin

Ketik:

LAHIR (spasi) Perubahan Tanggal Bersalin

Kirim ke: 08118469468


2.    Registrasi dilakukan oleh orang lain

Ketik: 

UNDANG (spasi) NO HP ORANG YANG DIUNDANG (spasi) PERKIRAAN TANGGAL BERSALIN (spasi) KAB/KOTA

Contoh: 

UNDANG 08123456789 23/07/2016 TANGERANG 

Kirim ke: 08118469468

Ganti Tanggal Bersalin

Ketik:

LAHIR (spasi) Perubahan Tanggal Bersalin

Kirim ke: 08118469468

Jangan khawatir, tarifnya tarif normal dan hanya dikenakan saat mendaftar. Untuk selanjutnya sms yang masuk (info-info kesehatan) tidak perlu bayar alias gratis. Sms ini sifatnya satu arah, bukan interaktif. Pesan-pesan yang masuk ke ibu yang satu dengan ibu yang lain nanti bisa saja berbeda tergantung pada usia kehamilan atau usia anak.

Lebih Siap di Kehamilan Pertama Berkat Bunda ke-3

Urutan Sms Bunda yang didapat


Lebih lanjut mengenai Sms Bunda bisa diikuti melalui:

1.    Http://www.smsbunda.or.id/
2.    FB, twitter, dan Instagram dengan alamat sama: @smsbunda

Lebih Siap di Kehamilan Pertama Berkat Bunda ke-3

Media sosial Sms Bunda

Siapa sih yang meragukan kasih sayang dan perlindungan dari bunda? Punya 1 (satu) bunda saja sudah sangat aman dan terlindungi, apalagi punya 3 (tiga).

Lebih Siap di Kehamilan Pertama Berkat Bunda ke-3

Tips-tips kehamilan

Butuh pengetahuan lebih soal kehamilan pertama? Sms Bunda aja! Bunda ke-3 siap kok dengan info-info dan tips-tipsnya.




Sumber:
Media sosial Smsbunda
http://banyumasnews.com/88769/apa-itu-smsbunda-dan-bagaimana-cara-mendaftar-smsbunda/
Http://www.smsbunda.or.id/
http://www.antaranews.com/berita/528442/yogyakarta-luncurkan-sms-bunda