10 Juli 2016

Mendukung Sepatu Tomkins, Produk Indonesia Kualitas Dunia


Mendukung sepatu Tomkins, produk Indonesia kualitas dunia. Teman-teman sudah tahu belum sepatu merek Tomkins? Belum? Waduh sayang sekali karena sepatu ini asli produksi Indonesia dan berkualitas internasional.

A.  Sekilas tentang Sepatu Tomkins

Saya termasuk baru dalam mengenal Tomkins karena harganya sangat jauh dari harga sepatu yang biasa saya beli. Meski demikian, saya sudah pernah mendengar beberapa merek sepatu mahal. Namun, Tomkins tidak termasuk. Namanya sangat asing, kebule-bulean. Mungkin karena orang-orang Indonesia suka produk yang berbau luar negeri. Padahal, Tomkins diproduksi di Bandung. PT. Primarindo Asia Infrastructure, Tbk sebenarnya memproduksi 2 jenis sepatu, diawali dengan produksi sepatu ekspor (1996) baru kemudian menyasar pasar lokal (2000). Tomkins adalah produk lokalnya. Awalnya, sepatu ini dirancang sebagai merek sepatu casual untuk sepatu sekolah sehingga kebanyakan berwarna hitam. Karena awalnya menyasar sepatu sekolah tak heran jika sepatu sekolah Tomkins menjadi salah satu andalan mereka selain sepatu touring Tomkins.

Sepatu Tomkins


B.  Kelebihan Sepatu Tomkins

Beberapa orang bercerita tentang pengalamannya dengan Sepatu Tomkins di blognya masing-masing dan tampak sangat puas. Hal ini wajar karena Tomkins memiliki banyak kelebihan, seperti:
1.    Bahan bakunya aman bagi kesehatan,
2.    Aman dan nyaman digunakan,
3.    Hanya produk berkualitas terbaik yang akan diterima konsumen,
4.    Produsen Tomkins memperhatikan tanggung jawab terhadap lingkungan hidup,
5.    Jenisnya banyak sesuai fungsinya,
Ada sepatu sekolah, sepatu olahraga, sepatu harian, sepatu proyek, dan sebagainya.
6.    Model Sepatu Tomkins keren-keren. Warnanya pun sekarang lebih bervariasi, tidak hanya hitam, sehingga bisa digunakan untuk kebutuhan luar sekolah.
7.    Awet,
Jika digunakan sesuai fungsi, umurnya bisa mencapai 2 tahun atau lebih. Misalnya, sepatu santai jangan digunakan untuk olahraga.
8.    Beberapa sepatu bisa multifungsi, 
     Satu sepatu bisa untuk beberapa fungsi, sangat hemat uang. Misalnya Captain America, cocok dipakai untuk sekolah dan hangout bersama teman.

Captain America

9.    Kualitas terbaik di kelasnya
10.    Harga relatif murah
11.    Koleksi di-update setiap tahun
Tomkins pandai mengambil inspirasi dari hal-hal di sekitarnya, misalnya Film Florence Foster Jenkins telah menginspirasi pembuatan Tomkins tipe Florence, Foster, dan Jenkins.

Tomkins Florence, Foster, dan Jenkins


C.  Cara Membedakan Sepatu Ori dan Palsu

Sebagai produk berkualitas unggul, Tomkins berisiko dipalsukan. Nah, bagaimana cara membedakan sepatu asli dan palsu?

1.    Belilah di outlet resmi agar terjamin keasliannya,
Belilah Sepatu Tomkins Indonesia secara online di http://www.tomkins.id/ atau secara offline di outlet-outlet resmi (daftarnya bisa dilihat pada http://www.tomkins.id/).
2.    Harga sepatu palsu umumnya lebih murah,
3.    Ada tanggal produksi dengan tulisan di tag jelas, tidak buram, dan tidak hilang walau digesek kuku. Kalaupun produk KW juga memakai tag biasanya kualitasnya jelek dan hurufnya besar-besar. Cocokkan tag size pada “lidah” sepatu dengan sticker size pada kardus. Kalau ori nomer seri di sepatu akan sama dengan di kardus, kemudian cross check dengan website resmi perusahaan yang bersangkutan.
4.    Cium bagian dalam sepatu
Umumnya lem dan material sepatu asli baunya sama.
5.    Biasanya outsole bawah sepatu KW lebih lembek kalau ditekan penyok ke dalam. Atau kalau dia keras maka akan sangat keras karena karetnya dicampur plastik, jadi licin dan tidak elastis lagi.
6.    Biasanya bagian insole sepatu busanya sangat jelek, tipis, dan tidak kenyal. Khusus insole sablon logonya juga harus bagus.
7.    Sepatu palsu tidak memiliki heel protector
Heel protector adalah material pengeras pada tumit belakang agar terhindar dari keseleo. Jadi, bagian tumit dari sepatu asli (casual dan olahraga) akan terasa keras jika ditekan.



8.    Coba pakai lalu gesekkan outsole-nya ke lantai.
Sepatu asli grip outsole-nya terbuat dari karet bagus sehingga menimbulkan bunyi berdecit di lantai dan tidak licin saat digesekkan.
9.    Jika ada bekas-bekas lem berwarna cokelat atau lem tampak tidak rapi maka palsu
10.    Produk asli jahitannya rapi, halus, dan berjarak sama,
11.    Sepatu palsu warnanya kusam,
12.    Sepatu ori nyaman di kaki,
13.    Semua tipe sepatu KW super nomer serinya sama, sedangkan sepatu original nomer serinya berbeda-beda dan jelas, dan biasanya tertera di luar kardusnya.
14.    Sepatu ori berbentuk simetris, desainnya elegan dan rapi,
15.    Gambar pada website harus sama dengan jenis sepatu yang dibeli,
16.    Ukuran sepatu palsu biasanya tidak akurat, misalnya lebih kecil dari ukuran sebenarnya,
Tetapi jangan salah. Ada juga sepatu Tomkins yang ukurannya harus ditambahkan 1 size di atas pemakaian biasa, misalnya sepatu Runner. Jika biasanya memakai ukuran 37 maka gunakan ukuran 38. Jadi, perhatikan kelaziman dan keterangan dari produsen sepatunya!
17.    Perhatikan detail sepatu dan kelengkapannya, misalnya warna, kardus, jahitan, lem, logo, warna sol, dan lain-lain. Sepatu asli menggunakan kardus bermerek, bukan kardus cokelat polos.
18.    Sepatu asli di-release dalam pilihan warna tertentu. Di luar itu berarti palsu.
        

D.  Kritik dan saran untuk sepatu Tomkins

Sebagai brand asli Indonesia sayang sekali jika Tomkins kurang dimaksimalkan. Beberapa perbaikan perlu dilakukan agar kemajuan Tomkins semakin pesat, yaitu:

1.    Mengapa website, nama-nama tipe produk, dan video-video Youtube dominan berbahasa Inggris? Padahal Tomkins menyasar konsumen lokal.

2.    Tidak ada/minim deskripsi produk
Sepatu Tomkins dikelompokkan menjadi 4, yaitu sepatu anak, sepatu remaja, sepatu pria, dan sepatu wanita. Harga sepatu Tomkins berkisar antara 193-420 ribu. Dari semua produk tersebut banyak yang deskripsinya kosong atau minim keterangan. Ini sangat disayangkan karena Sepatu Tomkins sudah didesain untuk fungsi-fungsi yang spesifik, jika calon pembeli tidak tahu maka bisa-bisa salah fungsi/batal membeli/cedera/sepatu tidak awet.
3.    Ada sepatu tanpa ukuran dan deskripsi, misalnya Captain America. 



4.    Tidak semua produk memiliki rentang ukuran sama, misalnya Athletic size 40-42, sedangkan Alexander 39-44.



Jadi, ada tipe sepatu yang mungkin tidak memuat ukuran kita, entah karena diproduksi demikian atau stoknya sedang habis.

5.    Tidak ada metode pengiriman

Tanpa metode pengiriman

6.    Kurangnya interaksi dengan fans di sosial media
Kecuali kuis, pengelola sosmed Tomkins tidak “terhubung” dengan fans-nya. Postingan bersifat searah dan kalaupun ada komentar-komentar yang bertanya mengenai sepatunya diabaikan/hanya sedikit yang ditanggapi. Ini sayang sekali karena kedekatan dengan calon pembeli bisa berpotensi meningkatkan penjualan.

Perhatikan FB Tomkins berikut!


Seperti web-nya, FB Tomkins juga kurang diberi deskripsi dan jarang sekali komentar ditanggapi. Contohnya pada gambar di atas. Padahal, banyak orang kurang suka jika diarahkan ke web lain dulu untuk mencari sendiri infonya.
Nah Tomkins, benahi hal-hal yang kurang dan jadilah makin berjaya!



Sumber:
http://www.tomkins.id/
http://www.primarindo.co.id/
https://twitter.com/myTOMKINS
https://www.facebook.com/mytomkins/?ref=ts&fref=ts
http://medan.tribunnews.com/2015/01/24/sepatu-tomkins-kualitas-dan-fashion-seimbang
http://bacaananda.blogspot.co.id/2011/03/cara-membedakan-sepatu-asli-palsu-aka.html
http://artikel.pricearea.com/4-kelebihan-sepatu-tomkins-dengan-sepatu-lain/
https://www.bersosial.com/threads/cara-menbedakan-sepatu-kw-grade-ori-dan-original.19676/
http://hargasepatu4.com/cara-membedakan-sepatu-asli-atau-kw-semua-merk/.html
http://soysbootroom.blogspot.co.id/2011/08/berikut-gw-akan-share-tips2-sederhana.html