18 Mei 2016

15 Tips agar Tetap Romantis di Tanggal Tua

Ini adalah sebuah acara Kompetisi Blogger ShopCoupons X MatahariMall. Yang diselenggarakan oleh ShopCoupons. voucher mataharimall dan hadiah disponsori oleh MatahariMall.


mataharimall-kompetisi


Bagi saya, tanggal tua itu relatif dan dapat menimpa siapa saja. Tanggalnya tak tentu, walaupun banyak orang berpikir terjadi di akhir bulan. Jika seseorang gajian di awal bulan dan sudah habis di tengah jalan mungkin pemikiran tersebut benar, tetapi bagi mereka yang pendapatannya tidak tetap, gajinya tidak di awal bulan, gajinya sangat kurang, wiraswasta, freelancer, atau yang besar pasak daripada tiang tanggalnya bisa berbeda. Apalagi kalau tiba-tiba terjadi musibah, banyak kegiatan sosial (misalnya pernikahan, sunatan, menjenguk orang sakit, dan takziah), bagi-bagi uang saat hari raya, kenaikan biaya rutin (misalnya kenaikan listrik dan BBM), atau ada kejadian tak terduga lainnya seperti biaya kerusakan ini-itu dan biaya pemeliharaan. Hal-hal seperti ini bisa membuat tanggal mengalami “penuaan dini”. 




Tanggal tua
Sumber: gambarkata.com

Meski mungkin setiap orang pernah “mencicipi” mengalami tanggal tua, tetapi tak semua orang bermasalah dengannya. Orang-orang kaya atau yang pandai mengatur keuangan lebih berpeluang untuk terhindar dari krisis semacam ini. 
Bagi siapapun yang sedang mengalami tanggal tua, berhati-hatilah! Tanggal tua bisa membuat wajah ikut cepat menua, akibat hubungan yang tidak harmonis dengan pasangan misalnya. Jangan sampai karena sibuk memikirkan upaya untuk menambah penghasilan atau menghemat pengeluaran hubungan dengan pasangan jadi terabaikan. Salah satunya mungkin karena orang terbiasa berpikir tentang sesuatu yang wah atau mahal untuk menunjukkan perhatian dan rasa cinta. Aktivitas seperti makan malam di restoran yang mewah, pergi ke tempat-tempat wisata yang jauh/mahal/luar negeri, membelikan barang-barang mahal, memberi kejutan mahal, atau perlakuan wah lainnya akhirnya seringkali menjadi pilihan. Meskipun sah-sah saja seperti itu tetapi rasanya akan sulit dilakukan jika “tanggal tua” sudah “bertamu”.



Romantis
Sumber: gelut.com

Kalau romantisme hanya diukur dari materi, maka betapa sedihnya orang-orang yang tidak berpunya. Ini terdengar tidak adil bagi mereka. Beruntung bahwa masih banyak hal romantis yang bisa membahagiakan pasangan meski dilakukan dengan sederhana dan berbiaya rendah/tanpa biaya. Belum punya inspirasi tentang itu? Berikut saya bawakan inspirasi ide-ide romantis bagi pasangan suami istri agar tanggal tua tidak membuat hubungan cepat “menua”.

Ini dia, 15 hal romantis yang bisa dilakukan oleh suami istri di tanggal tua:

1.  Olahraga bersama

Seru sekali ya berolahraga bersama pasangan. Selain bisa menyehatkan, aktivitas ini juga bisa mempererat hubungan. Mengenai jenis olahraganya sesuaikan saja dengan kesukaan, misalkan jogging, bersepeda, atau lainnya.

2.  Memasak bersama

Memasak bersama pasangan bagi saya itu romantis. Tak ada salahnya juga lho kalau suami yang memasak untuk istri. Pria memasak itu sah-sah saja kok, tak ada yang melarang. Jadi, tak perlu gengsi.



Suami memasakkan istri
Sumber: rumahnikah.com

3.  Karaoke bersama

Punya alat karaoke di rumah? Manfaatkan saja dengan duet bersama pasangan. Pilih lagu-lagu yang romantis, atau bisa juga lagu kenangan saat PDKT atau pernikahan dulu. Bernyanyilah dengan lepas! Lebih seru lagi kalau dengan jogetnya sekalian.

4.  Bermain musik bersama

Tak punya VCD player tapi punya alat musik? Bermain gitar diiringi dengan nyanyian dari pasangan sepertinya cukup romantis. Apalagi jika halaman rumah luas, bisa bermain di sana sambil melihat indahnya langit atau bintang.

Kalau misal punya keyboard, duet main keyboard juga oke.

5.  Mendengarkan musik bersama

Setel-lah lagu kesukaan dan dengarkan bersama-sama! Biarkan pasangan merebahkan kepalanya di paha Anda lalu belailah rambutnya dengan mesra.



Mendengarkan musik bersama
Sumber: http://www.yuniarwijananto.com


6.  Menonton film bersama

Kondisikan agar suasana ruangan menjadi romantis lalu tontonlah film berdua sambil bermesra-mesraan.

7. Saling memijat dengan pijatan penuh perasaan

8. Tiba-tiba menjemput istri di tempat kerja dan makan romantis berdua di rumah

9. Tiba-tiba mengirim bekal ke tempat kerja suami lalu makan siang bersama di sana

10. Mengirimkan pesan atau surat cinta romantis melalui sms, email, wa, bbm, atau lainnya



Pesan romantis

11. Melakukan permainan dengan hukuman yang “romantis”

12. Saling mendandani, misalnya istri menyisir rambut suami dan suami menyisir rambut istri, membedakinya, dan lain-lain

13. Pacaran dengan istri/suami

Sederhana saja, duduk berdua lalu bicara dari hati ke hati dengan nyaman. Tataplah matanya dengan penuh cinta dan tersenyumlah. Bicarakan semuanya dengan terbuka. Komunikasi yang sangat baik itu bisa membebaskan dan melapangkan hati, selain juga menciptakan kedekatan yang sesungguhnya (closeness). Seringkali hal-hal seperti ini malah mempunyai nilai yang lebih besar daripada romantisme belaka.

14. Keliling kota/desa naik motor/sepeda bersama pasangan

Nikmatilah pemandangan sekitar. Berputar-putarlah naik kendaraan bersama Si Dia tanpa perlu ke tempat-tempat wah atau membeli sesuatu yang wah.



Berkeliling dengan Si Dia
Sumber: kisahcintasejati.com


15. Menjadikan pasangan sebagai raja atau ratu

Setidaknya sehari, perlakukan pasangan sebagai raja/ratu. Rayu dia, manjakan, perhatikan dengan seksama kata-katanya, serta perlakukan dengan indah dan penuh cinta. Bisakah kita memberikan full keindahan sehari saja? Tanpa amarah, tanpa kata-kata buruk dan kasar, dan tanpa hal-hal yang menyakitkan hati? Cobalah! Ini akan menjadi kado berharga baginya.

Menjaga romantisme terhadap pasangan di kala tanggal tua sama saja dengan menjaga keutuhan pilar-pilar rumah tangga. Dengan cara ini hormon kebahagiaan dan cinta akan meningkat sehingga dapat mendongkrak energi dan membuat perasaan menjadi positif.


Sebagaimana orang lain saya pun pernah mengalami tanggal tua. Malahan, penghasilan yang tidak tetap membuat yang dimaksud tanggal tua itu tidak jelas kapan saja. Namun, sudah menjadi kebiasaan pribadi untuk hidup sederhana dan mendahulukan kebutuhan daripada keinginan. Saya selalu berusaha mengingatkan diri sendiri untuk bekerja sebaik dan semaksimal mungkin kapanpun itu, sedangkan hasil terserah kepada Allah. Jika kesempitan yang teramat sangat datang melanda, maka larinya adalah dengan memperbanyak beribadah dan berdoa dengan sungguh-sungguh. 


Bertawakkal

Intinya, selagi masih hidup maka rezeki saya masih ada. Saya tidak menanggung siapa-siapa, baik itu orang lain atau diri sendiri, semua berada dalam tanggungan Allah, Tuhan yang Maha Mengurusi makhluk-Nya. Kemudian dengan adanya dalil-dalil bahwa orang yang berorientasi akhirat akan sukses dunia dan akhiratnya, maka itu menjadi pengingat bagi saya untuk selalu mengutamakan akhirat, contoh dalilnya seperti di bawah ini:

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda (yang artinya), “Sesungguhnya Allah Ta’ala berfirman, ‘Wahai anak Adam, beribadahlah sepenuhnya kepada-Ku, niscaya Aku penuhi (hatimu yang ada) di dalam dadamu dengan kekayaan dan Aku penuhi kebutuhanmu. Jika tidak kalian lakukan, niscaya Aku penuhi tanganmu dengan kesibukan, dan tidak Aku penuhi kebutuhanmu (kepada manusia).'” (Hr. Ahmad, at-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan al-Hakim).

Tentu saja ikhtiar lahir tetap ada, misalnya dengan menabung, mendahulukan kebutuhan daripada keinginan, berhemat, berusaha menambah penghasilan, mengutamakan fungsi daripada merek/harga mahal, mengikuti kuis, memperbanyak lomba yang diikuti, berburu diskon dan barang murah, atau lainnya. Diskon dan barang murah yang dimaksud di sini hanya terkait dengan barang yang memang dibutuhkan, bukan sekadar kalap karena label diskon atau murah.



Berbicara tentang diskon dan barang murah, di bulan Mei 2016 ini ada program di Matahari Mall yang namanya Tobat (Tobat belanja mahal). Tobat memungkinkan kita untuk membeli produk fashion dan lifestyle dengan diskon 15% (maksimal potongan 500 ribu) atau gadget dan elektronik dengan diskon 6% (maksimal potongan 1 juta), dan masih banyak lagi. Itu hanya salah satu di antara promo-promo lain yang ada di Matahari mall. Apalagi sampai saat ini belanja di sana via online ongkirnya gratis. Mantap bukan untuk dompet-dompet yang sedang krisis? Benarlah solusi yang diambil oleh Budi pada video di bawah ini:



Tanggal tua bisa menimpa siapapun dan di saat kapanpun. Akan tetapi, kita harus bijak menyikapinya, termasuk dengan tetap memelihara romantisme terhadap pasangan meski berada di tanggal tua. 
Itulah #KisahTanggalTuakuJadilah seperti Budi agar tanggal tua tak lagi jadi masalah!